Aquascape dan terarium, keduanya ternyata memiliki konsep yang sama, membuat ekosistem baru ke dalam wadah kaca. Namun apa beda antara aquascape dengan terrarium?(iStockphoto/CoffmanCMU)

Selama pandemi ada banyak hobi yang berkembang, salah satunya hidroponik, bercocok tanam, memelihara tanaman hias sultan, sampai beternak ikan cupang, kini ada hobi baru yang muncul.

Hobi baru ini masih berkaitan dengan tanaman, ikan, dan juga air. Hobinya dikenal dengan nama aquascape dan terarium. Sekilas keduanya terlihat sama, padahal sebenarnya berbeda.

Aquascape dan terarium, keduanya ternyata memiliki konsep yang sama, membuat ekosistem baru ke dalam wadah kaca. Namun apa beda antara aquascape dengan terrarium?

Aquascape

Aquascape, sebuah seni merangkai taman air kecil didalam wadah kaca. Fazry, seniman aquascape yang membuat kegiatan merangkai ini menarik adalah kita bisa merangkai taman dalam beragam model sesuai imajinasi si perangkai. Setiap tahunnya, tema aquascape berganti-ganti. Tahun ini tren aquascape adalah brazilian style atau yang mengekspos tema hutan.

Membuat aquascape ternyata tak terlalu sulit, namun tetap ada trik membuatnya.

“Prosesnya, bisanya abis setting pakai bakteri starter, rumah bakteri, pupuk dasar, tanah, atau pasir silika itu harus diaerasi dulu. Banyak orang pakai mesin aja, power head atau cannister dipakaikan, lalu aerasi selama 3 hari atau seminggu,” ungkap Fazry dikutip dari CNN Indonesia TV.

“Setelah seminggu baru dikuras, kemudian isi air baru diisi tanaman. Seminggu kemudian baru diisi ikan.”

Untuk perawatannya, dia menganjurkan untuk memberikan pupuk cair ataupun memakai CO2 tabung agar tanaman tetap subur dan sehat.

 

 

Terarium

Beralih ke terarium, terarium adalah wadah yang terbuat dari kaca atau plastik transparan yang berisi tanaman.

Untuk membuat terarium bisa menggunakan botol atau toples kaca yang kecil. Terarium sendiri ada dua tipe-tipe terbuka dengan tanaman seperti kaktus, atau sukulen dan yang tertutup. Tipe tertutup ini memiliki karakter yang sama dengan aquascape, bedanya ekosistemnya dibuat tanpa air dan ikan.

“Untuk membuat terarium, jangan kena sinar matahari langsung tapi butuh cahaya misalnya lampu. Kalau tempatnya sejuk, lembap dan agak panas malah berjamur,” Arfi Zulta Hari Basuki, perajin terrarium.

Perbedaan paling mendasar antara terrarium dan aquascape terletak pada ada atau tidaknya ikan. Aquascape terdiri dari tanaman dan ikan dalam akuarium, sedangkan terarium hanya tanaman saja di dalam air, tanpa ikan.

 

Editor : Parna

Sumber : cnnindonesia