Pemain timnas Argetina Lionel Messi berebut bola dengan pemain timnas Paraguay Mathias Villasanti pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 di Stadion La Bombonera di Buenos Aires, Argentina. Foto: Ignacio RONCORONI / Pool / AFP
Duel Argentina vs Paraguay dalam Pra Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL digelar pada Jumat (13/11) pagi WIB. Bermain di Estadio Alberto Jose Armando, ‘Tim Tango’ ditahan imbang 1-1.
Satu gol Paraguay berasal dari penalti Angel Romero (21′). Sementara gol balasan Argentina dicetak Nicolas Gonzalez (41′). Lionel Messi sempat membawa Argentina berbalik unggul di babak kedua, tetapi golnya dianulir setelah VAR beraksi.
Meski hanya meraih hasil imbang, La Albiceleste berada di posisi pertama klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL berkat koleksi tujuh angka. Sedangkan Paraguay harus puas di posisi ke-4 dengan catatan lima poin.
Akan tetapi, Argentina bisa saja tergusur dari posisi puncak. Itu kalau Brasil yang baru akan bertanding melawan Venezuela besok, Sabtu (14/11), menang.
Argentina vs Paraguay: VAR Batalkan Gol Messi, 'Tim Tango' Gagal Menang (1)
Pemain timnas Argetina Lautaro Martinez berebut bola dengan pemain timnas Paraguay Angel Cardozo pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 di Stadion La Bombonera di Buenos Aires, Argentina. Foto: Ignacio RONCORONI / Pool / AFP
Argentina turun dengan skema 3-4-3. Trio Lucas Ocampos, Lautaro Martinez, dan Lionel Messi bertugas di depan. Lalu ada Nicolas Gonzalez, Exequiel Palacios, Leandro Paredes, dan Rodrigo De Paul yang siap mengirim bola dari belakang.
Sementara Paraguay meladeni dengan 4-3-3. Angel Romero, Dario Lezcano, dan Miguel Almiron menjadi ujung serangan. Dibantu Gaston Gimenez, Angel Cardozo, dan Mathias Villasanti dari tengah.
Paraguay memulai laga dengan baik. Mereka lebih sering menguasai bola dan mampu melakukan pressing ke arah gawang Argentina.
Usaha itu berbuah manis di menit ke-21. Paraguay sukses unggul duluan lewat tendangan penalti Romero. Penalti itu diberikan setelah Lucas Martinez melanggar Almiron di dalam kotak penalti.
Argentina vs Paraguay: VAR Batalkan Gol Messi, 'Tim Tango' Gagal Menang (3)
Selebrasi pemain timnas Paraguay Angel Romero usai mencetak gol ke gawang timnas Argentina pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 di Stadion La Bombonera di Buenos Aires, Argentina. Foto: Juan Ignacio Roncoroni/REUTERS
Situasi makin buruk untuk Argentina setelah Palacios mengalami cedera. Dia tampak kesakitan setelah melakukan duel dengan Romero.
Giovani Lo Celso pun turun menggantikannya. Kehadiran Lo Celso ternyata berdampak positif untuk Argentina. Menjelang akhir babak pertama, Lo Celso membantu terciptanya gol penyeimbang lewat tendangan sudutnya.
Argentina vs Paraguay: VAR Batalkan Gol Messi, 'Tim Tango' Gagal Menang (4)
Pemain timnas Paraguay Dario Lezcano mencoba melewati pemain timnas Argentina pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 di Stadion La Bombonera di Buenos Aires, Argentina. Foto: Ignacio RONCORONI / Pool / AFP
Tendangan sudut itu disambut sundulan keras Gonzalez. Alhasil skor berubah menjadi 1-1 di menit ke-41 dan bertahan sampai turun minum.
Kembali dari ruang ganti, Argentina langsung beraksi. Messi akhirnya bisa membobol gawang Paraguay. Sialnya untuk La Pulga, gol itu dianulir.
VAR menganggap pemain Agentina, Nicolas Dominguez, melakukan pelanggaran terhadap Romero sebelum gol tercipta. Dengan begitu, skor masih tetap 1-1.
Melihat anak didiknya masih belum bisa unggul, Lionel Scaloni melakukan perubahan. Ia menurunkan Angel Di Maria untuk menggantikan Ocampos di menit ke-60.
Paraguay bermain lebih bertahan. Ya, bisa mencuri poin dari markas Argentina pun sudah cukup baik untuk mereka. Tetapi, Argentina tak patah semangat.
Argentina makin gencar menyerang gawang Paraguay. Messi beberapa kali mendapat peluang emas mencetak gol kemenangan. Namun, kiper Antony Silva mampu melakukan penyelamatan apik.
Kemudian, ada pula Di Maria yang melepaskan tendangan keras yang membuat kiper Silva pontang-panting. Namun, bola masih meleset.
Dengan begitu, skor 1-1 bertahan sampai wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.
Editor : Parna
Sumber : kumparan