Ilustrasi virus corona.

Sebanyak 32 orang di Banjar Tebongkang, Singakerta, Ubud, Gianyar, Bali, terkonfirmasi COVID-19. Dari investigasi Gugus Tugas Gianyar warga tersebut tertular Corona saat menggelar pesta pernikahan dan penguburan jenazah.

“Dari 28 awalnya sekarang 32 (orang). Kita masih tracking itu. Klaster keluarga saat upacara,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Gianyar Wisnu Wijaya saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (13/11/2020).

“Hasil investigasi surveilans tanggal 11 November 2020, dugaan sementara terdapat 2 sumber penularan dari dua keluarga yang berbeda tapi masih dalam satu klan/dadia. Adapun dua klaster tersebut adalah klaster pernikahan dan klaster penguburan jenazah,” ujar Wisnu.

Dengan adanya penambahan kasus baru ini, Wisnu mengimbau masyarakat mengikuti protokol kesehatan. Dia mengingatkan masyarakat menerapkan peraturan gubernur (pergub) serta surat edaran Majelis Desa Adat (MDA) dan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) saat menggelar kegiatan keagamaan.

“Dengan kasus ini, kita juga imbau kepada seluruh masyarakat Gianyar agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti protokol kesehatan dengan mempedomani Pergub serta edaran MDA dan PHDI dalam melaksanakan kegiatan keagamaan,” imbau Wisnu.

Sementara itu, untuk memutus rantai penularan COVID-19, wilayah Tebongkang dilakukan pembatasan sementara. Dan warga yang positif dan kontak erat dilakukan isolasi di empat tempat karantina yang telah disediakan oleh Pemda.

“Langkah yang akan kita lakukan sesuai teori surveilans adalah karantina semua kasus positif secepatnya, perluasan cakupan tracing yang memungkinkan terjadi penularan cepat, karantina daerah Tebongkang, tutup dan batasi perluasan,” papar Wisnu.

“Setelah diedukasi semuanya sepakat untuk melaksanakan isolasi di tempat yang telah disiapkan oleh Pemda. Pada waktu yang bersamaan juga dilakukan pemeriksaan swab terhadap kontak erat sebanyak 75 orang dan disusul besok Sabtu lagi 105 orang sesuai rencana pemeriksaan sebanyak jumlah perhitungan orang kontak erat,” tambah Wisnu.

 

Editor : Parna

Sumber : detiknews