Ketika masakan terlalu asin, maka menambahkan irisan kentang dianggap bakal menyerap rasa asin. Mitos atau fakta?( Pixabay/condesign)

Selama ini kentang dipercaya bisa membantu mengurangi rasa asin dalam makanan. Jadi ketika Anda terlalu banyak menambahkan garam ke dalam makanan, maka tambahkan irisan kentang ke dalam makanan yang keasinan dan dalam beberapa saat sumber karbohidrat ini bakal menyerap rasa asin.

Menurut teori ini, kentang akan menjadi seperti spons dan menyerap kelebihan garam dari masakan. Namun dalam beberapa masakan, cara ini mungkin tak akan berhasil. Alasan pertama adalah karena tak semua masakan cocok ditambahkan dengan kentang.

Selain itu dalam beberapa kondisi, penambahan kentang dalam masakan asin juga tak serta merta membuat masakan langsung enak dengan sendirinya. Anda tetap harus melakukan beberapa penyesuaian rasa.

Mengutip Fine Dining Lover, melalui percobaan yang dilakukan dengan sederhana kentang ternyata tak menyerap rasa asin masakan. Percobaan dilakukan dengan mengambil dua sampel air 400 ml dan tambahkan garam dengan jumlah yang sama ke keduanya, katakanlah 35 gram.

Kemudian, tanpa pengadukan, rebus kedua sampel dengan waktu yang sama hingga garam larut. Pada tahap ini, tambahkan kentang kupas sekitar 80 gram ke salah satu sampel. Terakhir, setelah 30 menit, angkat kedua sampel dari kompor dan saring. Lanjutkan dengan analisis menggunakan refraktometer. Kedua sampel menghasilkan hasil yang identik, yang menunjukkan bahwa kentang tidak menurunkan konsentrasi garam.

Jadi apa yang bisa dilakukan untuk menyesuaikan sup asin? Encerkan dengan menambahkan cairan dari beberapa jenis, seperti air atau susu.

Editor : Aron

Sumber : cnnindonesia