lustrasi anak bersama sang ayah

Peringatan Hari Ayah Nasional ditetapkan setiap tanggal 12 November. Momen ini dikhususkan untuk mengungkapkan rasa sayang dan hormat kepada ayah.

Lantas apa perbedaan Hari Ayah Nasional dengan Father’s Day yang diperingati dunia setiap 21 Juni? Pada dasarnya di negara lain, Hari Ayah sudah mulai diperingati sejak awal abad ke-12.

Hari Ayah sebetulnya dirayakan pada waktu yang berbeda-beda di setiap negara. Di Amerika Serikat (AS), misalnya, budaya merayakan Hari Ayah sudah dimiliki sejak Juni 1910 di negara bagian Washington.

Sementara di negara Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina dan kota Hong Kong, ini dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni.

Sementara itu, beberapa negara Eropa dan Amerika Latin, para ayah diberi penghargaan setiap 19 Maret (St Joseph’s Day).

Mengutip Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hari Ayah di Indonesia pertama kali dinyatakan pada tahun 2016 di Balai kota Solo.

Diketahui Penetapan tersebut lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Hari Ayah punya sejarah sehingga akhirnya diperingati hingga kini. Dari sayembara menulis surat untuk ibu, hingga akhirnya berujung pada pertanyaan tentang apresiasi untuk ayah.

Setelah melalui berbagai hal, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional.

Sekali lagi, Selamat Hari Ayah Nasional 2020, Ayah adalah pria terbaik yang aku tahu.

Editor : Aron

Sumber : cnbcindonesia