Ilustrasi YouTube

Aplikasi streaming video You Tube down pagi ini, Kamis (12/11). Tumbangnya layanan YouTube membuat pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia, tidak bisa memutar video dan hanya dapat melihat loading yang tak kunjung usai.

Berdasarkan pantauan kumparanTECH, sejumlah pengguna juga melaporkan YouTube down pada pagi ini di Twitter. Tak cuma mengeluh tidak bisa memutar video, mereka juga menyertakan meme dalam kicauannya.

Banyaknya tweet keluhan pengguna membuat tagar #YouTubeDOWN berada di posisi teratas dalam trending topic Twitter Indonesia. Total ada lebih dari 66 ribu tweet #YouTubeDOWN.

Menurut situs pemantau DownDetector, YouTube memang dilaporkan mengalami gangguan pada Kamis (12/11) pagi. Total, ada 256.081 laporan yang masuk terkait tumbangnya layanan video milik Google ke DownDetector, per 07.23 WIB.

Fitur peta pemantau DownDetector menunjukkan, laporan YouTube down banyak dilaporkan oleh pengguna di AS, Peru, Brazil, Prancis, Inggris, hingga Indonesia. Mereka juga menyebut, YouTube Music dan YouTube TV juga tumbang di saat yang bersamaan.

YouTube Down Pagi Ini, Pengguna Tak Bisa Putar Video (1)
YouTube mengalami gangguan, pengguna tidak bisa memutar video. Foto: Screenshot YouTube

Kumparan TECH telah meminta tanggapan Google terkait isu ini, namun mereka belum memberikan komentar. Sementara pihak YouTube, lewat akun Twitter resminya, mengakui ada gangguan yang membuat pengguna kesulitan menonton video di platform dan saat ini tengah diperbaiki.

“Jika Anda mengalami masalah saat menonton video di YouTube saat ini, Anda tidak sendirian – tim kami telah mengetahui masalah tersebut dan berupaya memperbaikinya. Kami akan menindaklanjuti di sini dengan pembaruan apa pun,” kicaunya.

Editor : Aron
Sumber : Kumparan