Ilustrasi MacBook

Apple perkenalkan jajaran MacBook anyar, Mac mini, MacBook Air, dan MacBook Pro.

 

Jajaran laptop anyar ini menggunakan chip anyar Apple M1 yang menggantikan chip Intel pada jajaran laptop Mac anyar. Ini adalah chip rancangan Apple pertama, setelah bertahun-tahun Mac menggunakan chipset Apple.

 

Dengan demikian, seluruh perangkat Apple kini menggunakan arsitektur yang sama. Sehingga, apliasi iPhone dan iPad kini bisa dijalankan di MacBook.

Apple juga menyediakan harga khusus untuk pendidikan dengan memotong harga US$100 untuk tiap harga ritel resmi. Macbook Air dan Macbook Pro bakal tersedia mulai Selasa depan.

Berikut tiga laptop anyar yang diluncurkan Apple.

MacBook Air

MacBook Air yang menjadi laptop tertipis, bakal mendapat peningkatan performa dan daya tahan baterai, kamera lebih baik, dan layar yang lebih berwarna.

Daya tahan baterai perangkat ini hingga 18 jam dan performanya 9 kali lebih cepat dari seri Air sebelumnya. Bahkan Apple menggadang-gadang laptop ini 98 persen lebih cepat dari PC yang ada di pasaran tahun lalu, seperti dikutip Cnet.

Layar laptop ini seluas 13,3 inci dengan penyimpan internal yang cukup lega, 2TB. Laptop ini juga tak dilengkapi dengan kipas, sehingga bakal bekerja lebih sunyi.

Apple juga menyematkan Touch ID pada perangkat ini, sehingga pengguna bisa membuka laptop dengan sidik jari.

Macbook Pro 13 Inchi

Melansir Business Insider, versi anyar jenis laptop seri tertinggi Apple ini mendapat peningkatan performa dan daya tahan baterai. Apple menyebut laptop ini sanggup bertahan 17 jam untuk menejelajah internet, 20 jam memainkan video.

Dengan kemampuan ini membuat Mac Book Pro jadi laptop dengan daya tahan baterai terlama. Laptop ini juga bakal memiliki tiga mikrofon dengan kualitas studio dan kamera yang lebih tajam dengan kualitas HD.

Laptop ini punya berat sekitar 1,5 kilogram (3 pon), dengan layar 13,3 inci. GPU laptop ini juga lima kali lebih cepat dari model sebelumnya.

Mac Mini

Dengan menggunakan chip M1, perangkat komputer mini ini dijanjikan memberi kecepatan 3 kali lebih baik dari pendahulunya.

Perangkat ini sudah dilengkapi dengan speaker internal, WiFi dengan 6 konektivitas, port untuk Thunderbolt USB 4 dan HDMI 2.0, dan jack headphone.

 

Editor : Parna

Sumber : cnnindonesia