Buah tomat baik untuk kesuburan lelaki. (Sumber: Shutterstock)
sarapan adalah waktu makan terpenting untuk memulai harimu. Dengan sarapan bisa menghilangkan kantuk, menambah energi, serta memberi nutrisi-nutrisi baik yang menjaga tubuh tetap fokus dan segar. Namun, minum segelas susu, makan sepotong roti, atau semangkuk sereal belum tentu cukup memenuhi kebutuhan asupan seseorang di pagi hari –terutama laki-laki yang membutuhkan energi lebih.
Kamu perlu memasukkan makanan yang tinggi protein, zat besi, dan makanan berlemak baik untuk menjaga energi setiap hari. Memilih nutrisi yang tepat yang, khusus bagi para laki-laki, juga dapat menambah semangat baru saat bekerja. Mengutip Eat This, berikut 5 makanan utama yang sebaiknya dikonsumsi oleh laki-laki saat sarapan agar lebih bersemangat dan produktif.

1. Tomat

Tomat segar adalah tambahan yang cocok untuk menu sarapan omelet atau sandwich. Tidak hanya untuk sarapan, sayuran segar ini juga dapat ditambahkan ke dalam bekal makan siangmu.
“Selain menyediakan vitamin C dan potasium, tomat juga dikenal karena kandungan likopennya yang tinggi —zat antioksidan yang terkait dengan penurunan risiko kanker prostat,” kata Kelly Jones MS, RD, CSSD, LDN.

2. Telur

Telur bukan hanya makanan yang nikmat, tetapi juga memiliki banyak gizi. Kamu dapat menyiapkan telur dengan cepat dan instan di pagi hari. Makanan ini merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik terutama untuk laki-laki.
Menurut Kelly, kolin dalam kuning telur dapat membantu reaksi otot, sementara zat-zat lain dapat mendukung kesehatan mata dan otak. “Lutein dan zeaxanthin mendukung kesehatan mata dan otak —yang semuanya harus lebih diperhatikan seiring bertambahnya usia,” kata Kelly.

3. Alpukat

Sebagai sumber makanan yang mengandung lemak baik, alpukat perlu menjadi salah satu pilihan menu sarapan sehat sehari-hari.
“Memasangkan roti gandum dengan lemak sehat seperti alpukat adalah sarapan yang tepat. Roti gandum kaya akan serat, membuat kamu kenyang lebih lama, ditambah alpukat juga memiliki serat dan bagus untuk kesehatan jantung,” kata says Ilyse Schapiro MS, RD, CDN.

4.Oatmeal

Oatmeal terkenal sebagai menu sarapan yang mudah dan dapat diukur kandungannya —5 gram serat per porsi. Selain sehat, oatmeal juga cepat praktis dan dapat dinikmati dengan berbagai tambahan topping.
“Oat terkenal karena mengandung serat larut, jenis yang berkontribusi terhadap penurunan kadar kolesterol darah. Kadar kolesterol darah sendiri juga harus diperhatikan laki-laki seiring bertambahnya usia,” ungkap Kelly.

5. Kale

Cobalah menyetok sayuran satu ini di kulkas. Kamu dapat menumis dan menambahkannya ke hidangan telur dadar, roti lapis, atau sarapan pagi favoritmu yang lain. Selain sebagai tambahan, sayuran ini juga dapat dinikmati dalam bentuk salad, lho.
“Kale memiliki nutrisi tinggi vitamin A, C, dan K —yang semuanya berkontribusi pada kesehatan dan kekebalan tubuh. Kontribusi vitamin A dan C dalam hal kesehatan dapat melindungi tubuh secara jangka panjang dari penyakit,” kata Kelly.
Editor : Aron
Sumber : kumparan