Kane menjadi pahlawan kemenangan Spurs lewat gol tunggalnya. Foto: Getty Images/Pool

Tottenham Hotspur susah payah menaklukkan West Bromwich Albion di pekan kedelapan Liga Inggris 2020/21. Gol di pengujung laga membawa Spurs menang tipis 1-0.

Di The Hawthorns, Minggu (8/11), Tottenham tak banyak berkutik di babak pertama. Namun di babak kedua, mereka mulai bangkit dan akhirnya menang berkat sundulan Harry Kane di menit ke-88.

Dengan hasil ini, skuad asuhan Jose Mourinho melonjak ke posisi teratas klasemen sementara Premier League dengan 17 poin. Sementara itu, West Brom berada di jurang degradasi, dengan menempati urutan ke-18 dan baru mengumpulkan 3 poin.

Tuan rumah mengancam lebih dulu. Callum Robinson melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun masih bisa ditangkap kiper Tottenham, Hugo Lloris.

Hampir saja Tottenham membuka keunggulan di menit ke-13. Son Heung-min mendapat ruang bebas di depan gawang dan menembak dengan, tapi masih bisa diblok bek West Brom, Semi Ajayi.

West Brom kembali menekan di menit ke-18. Crossing Darnell Furlong dari sisi kanan berhasil disambut oelh Karlan Grant, namun sundulannya melebar jauh dari sasaran.

Serangan West Brom kembali hampir berbuah gol di menit ke-26. Umpan silang pendek dari Robinson melayang tepat di depan gawang Tottenham dan tak mampu digapai Lloris, tetapi Eric Dier dengan sigap membuang bola sebelum mencapai Grant yang berdiri bebas.

West Brom tak berhenti menekan Tottenham. Kyle Bartley juga punya peluang di menit ke-30 usai menerima umpan free kick dari Filip Krovinovic, namun sundulannya juga belum berbuah gol.

Empat menit berselang, West Brom kembali membuang peluang. Kali ini giliran long shoot Jake Livermore yang gagal mengarah ke target. Babak pertama ditutup dengan skor 0-0.

Di babak kedua, West Brom melanjutkan tekanan. Dara O’Shea mendapat peluang lewat sundulan di menit ke-47, namun masih melebar. Semenit berselang, giliran sepakan jarak jauh Robinson yang melambung.

Peluang bagus didapat Tottenham di menit ke-50. Harry Kane memberikan umpan bagus kepada Gareth Bale, tetapi winger asal Wales itu gagal mengubahnya menjadi gol. Lima menit kemudian, giliran Bale yang mengumpan kepada Kane, namun tetap tak mengubah skor.

Tottenham mendapat momentum bagus dan kembali menyerang. Sergio Reguilón melepaskan tendangan jarak jauh di menit ke-59, tetapi kiper West Brom, Sam Johnstone, berhasil menghalaunya.

West Brom tertekan. Son juga memperoleh kans di menit ke-63, dan kali ini Johnstone kembali berhasil menggagalkan tembakannya.

Tuan rumah balas menekan. Furlong nyaris mencetak gol di menit ke-71 usai memanfaatkan sepak pojok Krovinovic, tetapi Lloris berhasil mementahkan peluang tersebut.

Tottenham kembali menlancarkan serangan mereka. Toby Alderweireld juga punya peluang dari tendangan sudut di menit ke-82, tetapi bisa diamankan Johnstone. Semenit berselang, giliran sepakan kaki kiri Vinicius yang diselamatkan eks kiper Manchester United itu.

GOL! Akhirnya Tottenham unggul 1-0. Di menit ke-88, crossing Matt Doherty dari sisi kanan berhasil disundul oleh Kane tanpa mampu dihalau Johnstone.

West Brom coba mengejar ketertinggalan, namun sisa waktu tak cukup bagi mereka mengambil poin dari laga ini. Saat peluit penjang dibunyikan, skor tetap 1-0 untuk Tottenham.

 

Editor : Parna

Sumber : detikbola