Joan Mir berhasil menjadi yang tercepat di MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (8/11) malam WIB. Posisi kedua dan ketiga masing-masing ditempati oleh Alex Rins dan Pol Espargaro.
Pol Espargaro mengawali balapan dari posisi terdepan. Alex Rins dan Takaaki Nakagami secara berturut-turut start di belakangnya. Ada satu pebalap yang start dari pitlane: Maverick Vinales.
MotoGP Eropa: Joan Mir Menang, Rossi Mogok (1)
MotoGP Europe. Foto: Juan Medina/Reuters
Selepas start, Pol Espargaro langsung melesat dan mengambil alih pimpinan lomba. Rins dan Nakagami berturut-turut membuntuti di belakangnya.
Petaka menimpa Fabio Quartararo. Pebalap Prancis itu jatuh, begitu juga dengan Aleix Espargaro di tikungan yang sama. Tidak ada kontak, keduanya kehilangan keseimbangan dari motornya secara bersamaan.
Pada lap kedua, Rins mengambil alih posisi terdepan. Rekan setimnya, Joan Mir, menguntit Pol di P3. Di mana Valentino Rossi? Sejak lap kedua, The Doctor ada di P13.
Dua lap setelahnya, Mir benar-benar menyalip Pol di tikungan. Suzuki kuasai posisi 1-2. Pada lap kelima, motor Rossi mogok dan harus menghentikan balapan lebih cepat. Cal Crutchlow dan Pecco Bagnaia juga harus menyerah dari balapan akibat crash tunggal di lap keenam.
Urutan 10 besar hingga lap 10: Rins, Mir, Pol, Miguel Oliveira, Nakagami, Johann Zargo, Jack Miller, Franco Morbidelli, Alex Marquez, Andrea Dovizioso.
Mir tampak terus berusaha menempel ketat Rins. Sang pemuncak klasemen sementara hendak menyalip Rins, sedangkan Pol tetap menguntit di P3.
Pada lap 17, Mir membuktikan kelasnya dengan menyusul Rins. Eks juara Moto3 itu kian dekat dengan gelar juara kelas utama MotoGP 2020, andai mampu mempertahankan posisinya hingga finis.
Pada lap 24, petaka menimpa Marquez. Pebalap Repsol Honda itu terjatuh di tikungan 1 saat menguntit Dovizioso.
Akhirnya, Mir mencapai garis finis lap terakhir sebagai yang tercepat. Rins dan Pol masing-masing finis kedua dan ketiga.
Editor : Parna
Sumber : kumparan