Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengunci kemenangan atas rivalnya yang seorang petahana, Donald Trump. Ucapan selamat mengalir dari para kepala negara tak terkecuali dari Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden Republik Indonesia (RI).

“My warmest congratulations @JoeBiden and @KamalaHarris on your historic election. The huge turn out is a reflection of the hope placed on democracy,” ujar Jokowi seperti dikutip, Minggu (8/10).

⁣Ucapan itu ditulis Jokowi sebagai keterangan dari foto yang diunggah di seluruh media sosial Jokowi di Twitter, Instagram, dan Facebook. Foto yang diunggah Jokowi menampilkan foto dirinya yang disambut Biden pada 27 Oktober 2015 saat lawatan ke Naval Observatory, Washington DC. Kala itu Biden menjabat sebagai Wakil Presiden AS mendampingi Barrack Obama sebagai Presiden AS.

Selain ucapan selamat, Jokowi turut menyampaikan harapan pada Biden dan Kamala Harris yang menjadi wakilnya. Jokowi menantikan untuk bekerja bersama Biden untuk memperkuat hubungan antarnegara.

“Look forward to work closely with you in strengthening Indonesia-US strategic partnership and pushing forward our cooperation on economy, democracy and multilateralism for the benefit of our two people and beyond 🇮🇩🇺🇸,” kata Jokowi.

Sebelumnya Biden bersama Harris mendeklarasikan kemenangannya di Chase Center, Delaware, AS pada Sabtu (7/11) malam waktu setempat. Dalam siaran langsung di televisi setempat, terlihat ribuan pendukung Biden memenuhi lapangan Chase Center. Dalam pidatonya Biden menegaskan diri sebagai presiden yang mengutamakan persatuan.

“Saya berjanji menjadi presiden yang tidak mencari perpecahan tapi menjunjung persatuan,” kata Biden seperti dilansir CNN, Minggu (8/11).

“Sekarang untuk Anda semua yang memilih Presiden Trump, saya memahami kekecewaan Anda malam ini. Saya sendiri telah kehilangan beberapa kali, tapi sekarang mari saling memberi kesempatan,” lanjut Biden.

Pidato ditutup Biden dengan mengutip lagu Katolik berjudul ‘On Eagles Wings’. Dia berharap lagu itu dapat menjadi penghiburan bagi warga AS yang kehilangan keluarga karena virus Coro

 

Editor : Parna

Sumber : detiknews