Barack Obama memberikan penghargaan kepada Wakil Presiden Joe Biden Presidential Medal of Freedom, (20/1/2017). Foto: NICHOLAS KAMM/AFP
Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama, bersyukur atas kemenangan Joe Biden pada Pemilu 2020. Dia menyebut kemenangan Biden dan cawapres Kamala Harris bersejarah.
“Saat seluruh suara terhitung, Presiden terpilih Biden dan Wapres terpilih Kamala Harris sudah memenangkan kemenangan bersejarah dan menentukan,” ucap Obama.
Barack Obama: Joe Biden dan Kamala Harris Meraih Kemenangan Bersejarah (1)
Presiden AS Barack Obama memeluk Wakil Presiden AS Joe Biden setelah Presiden menyampaikan pidato perpisahannya di Chicago, Illinois, (10/1/2017). Foto: NICHOLAS KAMM/AFP
“Dia akan berhadapan dengan tantangan luar biasa yang belum pernah dihadapi Presiden terpilih mana pun, pandemi meluas, kesetaraan ekonomi, sistem keadalian demokrasi dalam bahaya dan bahaya perubahan iklim,” ucap Obama.
“Saya tahu dia akan bekerja sesuai kepentingan hati seluruh orang Amerika yang memilihnya dan tidak memilihnya,” sambung dia.
Barack Obama: Joe Biden dan Kamala Harris Meraih Kemenangan Bersejarah (2)
Kandidat Presiden dari Partai Demokrat Joe Biden (kedua dari kanan) dan mantan Presiden AS Barack Obama (kedua dari kiri) di Bloomfield Hills, Michigan (31/10/2020). Foto: JIM WATSON /AFP
Biden mendampingi Obama sebagai Wapres selama delapan tahun dari 2009 hingga 2017. Hubungan kedua politikus Partai Demokrat begitu dekat.
Bahkan saat Obama memberikan Biden penghargaan sipil tertinggi pada 2017 lalu, Presiden AS terpilih tersebut sempat menitikan air mata.
Editor : Parna
Sumber : kumparan