Madu merupakan cairan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk meningkatkan sistem kekebalan untuk mencegah berbagai penyakit. Terdapat beberapa jenis madu terbaik untuk menjaga imunitas tubuh.

Semua jenis madu yang diperoleh dan diproses secara alami mengandung nutrisi yang tinggi. Madu kaya akan antioksidan yang berasal dari asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid.

Konsumsi antioksidan yang tinggi dikaitkan dengan sistem imunitas tubuh yang lebih baik, menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan kanker, dan berbagai penyakit kronis lainnya.

1. Clover Honey

Clover honey atau madu clover merupakan madu yang diperoleh dari lebah yang mengumpulkan nektar dari bunga clover. Madu ini memiliki ciri khas rasa floral dan warna yang lebih bening.

Jenis madu yang tengah populer ini memiliki sifat antioksidan yang kuat dengan kandungan flavonoid yang tinggi. Kandungan flavonoid baik mendukung fungsi paru-paru dan jantung.

Dikutip dari Diet Hive, clover honey juga mengandung asam fenolik yang tinggi yang baik untuk sistem saraf.

2. Madu Manuka

Madu manuka merupakan madu yang diproduksi oleh lebah yang menyerbuki bunga Leptospermum scoparium atau semak manuka. Madu ini berasal dari Selandia Baru dan dipasarkan ke seluruh dunia karena khasiatnya yang tinggi.

Madu manuka memiliki sifat antibakteri yang paling tinggi ketimbang madu tradisional lainnya. Selain itu, madu manuka juga diperkaya sifat antioksidan dan antiperadangan.

3. Buckwheat Honey

Buckwheat honey merupakan madu yang dipanen dari lebah yang mengumpulkan nektar dari bunga buckwheat atau bunga gandum kuda yang bijinya diolah menjadi gandum hingga tepung.

Dikutip dari Health Line, sebuah studi menempatkan buckwheat honey sebagai madu yang memiliki antioksidan yang sangat tinggi. Studi lain menunjukkan konsumsi buckwheat honey dapat meningkatkan nilai antioksidan di dalam darah.

4. Madu Bunga Liar

Madu bunga liar atau wild flower honey merupakan madu yang diproduksi dari berbagai jenis bunga liar yang ditemukan di alam.

Madu bunga liar terkenal dengan antioksidan yang tinggi. Madu ini juga ampuh menekan batuk. Madu ini juga dapat mencegah berbagai alergi.

5. Madu Akasia

Madu akasia atau acacia honey merupakan madu yang diproduksi lebah dari tumbuhan akasia. Madu ini punya ciri khas rasa bunga yang manis dan warna kuning muda.

Madu akasia juga tinggi fruktosa dan rendah glukosa. Madu ini juga kaya akan flavonoid dan efektif melawan berbagai bakteri.

Konsumsi madu sekitar 1-2 sendok setiap hari dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Editor : aron
Sumber : cnnindonesia