Ilustrasi virus corona.
Penyebaran virus corona di Indonesia masih terus terjadi. Dalam dua pekan terakhir ini, rata-rata penambahan hariannya berada di kisaran 2.500-4.000an kasus per hari.
Per Sabtu (7/11), Kemenkes melaporkan tambahan 4.262 kasus corona baru di Indonesia. Dengan penambahan ini, maka total kasus positif COVID-19 berjumlah 433.836.
Sementara pasien positif virus corona yang meninggal hari ini bertambah sebanyak 98 jiwa, sehingga kini totalnya mencapai 14.540 orang.
Kabar baiknya, jumlah pasien positif corona yang sembuh juga semakin bertambah banyak. Per hari ini, dilaporkan 3.712 pasien sembuh dari corona, sehingga totalnya jadi 364.417 orang.
Jumlah kasus suspek yang masih diawasi hingga hari ini berjumlah 56.461 orang. Lalu, jumlah spesimen yang dites dalam 24 jam terakhir adalah 38.249.
Dalam beberapa pekan terakhir, pertumbuhan kasus corona di Indonesia menunjukkan tren pelambatan. Hal ini diakibatkan berkurangnya jumlah pemeriksaan spesimen yang dilakukan oleh pemerintah, bahkan turun hingga di bawah target harian Presiden Jokowi minimal 30 ribu sampel.
Satgas COVID-19 juga mengingatkan masyarakat selalu patuhi protokol kesehatan 3M. Sebab, saat ini sejumlah negara di Eropa kini tengah mengalami peningkatan kasus virus corona atau memasuki gelombang kedua, yang berujung diberlakukan lockdown lagi.
“Kenaikan kasus terus menerus menggambarkan risiko penularan yang tidak terkendali dengan baik, akibat sudah mulainya masyarakat menganggap enteng protokol kesehatan. Jangan sampai hal ini terjadi kepada kita di Indonesia,” jelas juru bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, Kamis (5/11).
Editor : Parna
Sumber : kumparan