Kereta metro yang mendarat di atas karya seni ekor ikan paus di stasiun kereta bawah tanah De Akkers di Spijkenisse, dekat Roterdam, Belanda, (2/11). Foto: Eva Plevier/REUTERS
Sebuah kereta bawah tanah di Belanda berhasil diselamatkan dari tabrakan spektakuler saat menerobos penyangga. Kereta tersebut terselamatkan usai mendarat di patung ekor ikan paus yang berdiri di belakang rel.
Dilansir CNN, kereta mendadak melesat saat menuju Stasiun De Akkers untuk parkir sekitar pukul 00.30 waktu setempat, kata RET, operator transportasi di kota Rotterdam, dalam sebuah pernyataan Senin (2/11). Kereta itu menabrak pembatas jalur dan nyaris terjun bebas dari ketinggian 10 meter menuju air.
“Kami lega karena operator metro keluar dari kendaraan tanpa cedera. Dia baik-baik saja. Tidak ada penumpang di dalam kereta saat kecelakaan itu terjadi,” kata perusahaan itu, sebagaimana dikutip dari CNN Travel.
Terdampar di Ekor Paus 'Raksasa', Kereta di Belanda Selamat dari Kecelakaan Maut (1)
Sejumlah orang melihat kereta metro yang mendarat di atas karya seni ekor ikan paus di stasiun kereta bawah tanah De Akkers di Spijkenisse, dekat Roterdam, Belanda, (2/11). Foto: Eva Plevier/REUTERS
Kereta tersebut hanya mengangkut satu penumpang, yakni sang masinis. Ia pun tak mengalami luka dalam insiden yang terjadi Senin (2/11) dini hari di Spijkenisse, dekat kota pelabuhan Rotterdam. Gerbong ujung kereta keluar jalur dan tersangkut di sebuah patung ekor paus raksasa berwarna perak bernama “Diselamatkan oleh Ekor Paus.”
Saat ini, investigasi sedang dilakukan dan RET sedang mendiskusikan cara terbaik untuk menyelamatkan kereta, kata perusahaan itu. Kereta menerobos penyangga di stasiun, yang berada di ujung paling selatan sistem metro Rotterdam, dan akan jatuh lebih dari ketinggian 9 meter seandainya tidak mendarat di salah satu dari dua ekor ikan paus yang dipasang oleh arsitek Maarten Struijs bertahun-tahun lalu.
“Saya terkejut, tidak menyangka kecelakaan ini bisa terjadi. Penyangga di stasiun selalu kuat. Jadi, saya sangat menantikan hasil investigasi dari kecelakaan ini,” kata Struijs.
Terdampar di Ekor Paus 'Raksasa', Kereta di Belanda Selamat dari Kecelakaan Maut (2)
Proses penurunan gerbong kereta metro dari ekor patung ikan paus di Spijkenisse, dekat Roterdam, Belanda, Selasa (3/11). Foto: Peter Dejong/AP PHOTO
Struijs menjelaskan, kereta menurunkan penumpang di stasiun sebelum melanjutkan ke area parkir, tempat kejadian itu terjadi. Rel tersebut dibangun di atas jembatan di taman yang ada, dan penduduk setempat meminta agar ekor ikan paus dipasang sebagai kompensasi atas hilangnya ruang di taman tersebut, kata Struijs.
“Saya akan memastikan untuk mendapatkan beberapa foto dari kejadian ini, karena sekarang ekor ikan paus itu dalam kondisi terbaiknya,” katanya kepada penyiar nasional Belanda NOS.
Terdampar di Ekor Paus 'Raksasa', Kereta di Belanda Selamat dari Kecelakaan Maut (3)
Petugas melihat kereta metro yang mendarat di atas karya seni ekor ikan paus di stasiun kereta bawah tanah De Akkers di Spijkenisse, dekat Roterdam, Belanda, (2/11). Foto: Eva Plevier/REUTERS
Struijs mengatakan dia mengira ekor ikan paus itu terbuat dari plastik dan akan rusak dalam kecelakaan itu, tapi ternyata tidak.
Ruud Natrop, penasihat komunikasi untuk otoritas keamanan regional Rotterdam-Rijnmond, mengatakan bahwa kereta berada dalam ketinggian 9 meter dari tanah di taman dekat kolam.
“Sangat sulit untuk menempatkan derek berat di lokasi ini,” kata Natrop, yang menambahkan bahwa dinas keamanan sedang memantau situasi tetapi tidak ada yang tahu berapa lama operasi penyelamatan akan berlangsung.
Carly Gorter, juru bicara otoritas mengatakan bahwa langkah pertama adalah menstabilkan kereta agar tidak jatuh dari karya seni yang diberi nama “Saved by the Whale’s Tail (Diselamatkan oleh Ekor Paus)”.
“Ya, itu berbahaya. Saat ini stabil jadi itu bagus, tapi itu berisiko. Jika angin bertiup sangat kencang, itu risikonya,” tutup Gorter.
Editor : Aron
Sumber : kumparan