FDA tarik obat metformin karena cemaran berpotensi picu kanker. (Foto: iStock)

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) pada tanggal 2 November 2020 mengumumkan penarikan sebagian obat metformin. Alasannya karena obat yang biasa dipakai untuk diabetes itu terdeteksi memiliki cemaran n-Nitrosodimethylamine (NDMA) yang berpotensi memicu kanker.

Obat metformin yang ditarik ini merupakan produk perusahaan farmasi Nostrum Laboratories. Jenis obat yang ditarik spesifiknya adalah Metformin HCl Extended Release Tablets, USP 750 MG.

“Metformin HCl Extended Release Tablets, USP 750 MG, ditemukan mengandung tingkat cemaran nitrosamin di atas batas aman 96 ng per hari yang ditetapkan sesuai pedoman FDA pada September 2020,” tulis FDA dalam situs resminya dan dikutip pada Jumat (6/11/2020).

“NDMA masuk dalam kelompok senyawa yang kemungkinan bisa memicu kanker (karsinogen) berdasarkan tes laboratorium,” lanjutnya.

Dikutip dari situs Agency for Toxic Substances and Disease Registry (ATSDR), paparan NDMA dalam dosis berlebih berisiko merusak fungsi hati. NDMA bisa masuk ke dalam tubuh melalui udara, obat, dan makanan.

Editor : Aron
Sumber : detik