Ilustrasi vaksin corona.
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan menyebut vaksinasi corona akan dimulai pekan ketiga Desember. Bagaimana persiapannya?
Salah satu hal yang paling krusial adalah road map vaksinasi. Dari sini kemudian detail rencana vaksinasi bisa diakses publik, Permenkes pun segera terbit.
“Insyaallah besok Jumat (6/11) sudah ada,” kata Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Budi Hidayat kepada kumparan, Kamis (5/11).
Kata dia, road map tersebut juga akan mengatur jadwal vaksinasi. Termasuk vaksin apa yang digunakan dan bagaimana jalur distribusinya.
“Kita lakukan-lakukan persiapan. SOP, SDM, logistik dan distribusi. Serta pemantauan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI),” ungkap dia.
Vaksinasi Corona Dimulai Desember, Road Map dari Kemenkes Selesai Besok (1)
Menko Marves Luhut B. Pandjaitan sebagai Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Foto: Maritim.go.id
Sementara itu menurut Luhut, vaksinasi akan dimulai di 12 daerah prioritas. Lebih khusus ia menyebut Jakarta dan Bali.
“Saya rasa (vaksinasi akan dilakukan pada) sekitar 9 juta orang di wilayah spesifik yang kami percaya berkontribusi besar pada tingginya kasus COVID-19. Di Jakarta, misalnya, ada sejumlah area yang kami percaya berkontribusi besar pada kasus COVID-19 dan berikan mereka suntikan,” katanya yang juga Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) itu.
Vaksin apa yang digunakan tampaknya Coronavac dari Sinovac. Namun keterangan dari Bio Farma, di November ini baru akan tiba 3 juta vaksin siap pakai.
Editor : Aron
Sumber : Kumparan