Ilustrasi, tataruang rumah minimalis

Sebagai manusia dengan sifat yang praktis, kaum milinial mendambakan punya rumah berkonsep minimalis dan furnitur rumah multifungsi. Dua konsep ini pun diprediksi masih bakal tren di 2021 mendatang.

“Di masa pandemi global yang masih penuh dengan ketidakpastian ini, mungkin agak sulit untuk memprediksi tren di tahun depan. Tapi, sepertinya tahun depan tren minimalis dan fungsional masih menjadi favorit milenial,” kata Brand Manager Informa Custom Furniture, Martha Xu dikutip dari Antara.

Ada beberapa hal yang membuat rumah minimalis dan multifungsi ini tren saat ini. Salah satunya karena pandemi virus corona. Pandemi menuntut orang lebih banyak untuk berkegiatan di rumah, membuat hunian menjadi rapi, estetik dan indah dipandang, serta nyaman untuk ditinggali.

Lebih lanjut, hunian minimalis yang didukung dengan kehadiran furnitur multifungsi memanfaatkan ruang (space) terbatas, dengan perabotan yang bisa dilipat, hingga mudah dimasukkan dan dikeluarkan, seperti meja lipat, rak, hingga laci-laci besar yang bisa dialihfungsikan.

Untuk mengaplikasikan konsep hunian ini, Martha menyarankan untuk membuat daftar kebutuhan rumah, sehingga nantinya perabotan di dalamnya akan disesuaikan dengan space dan tambahan lainnya untuk dimanfaatkan dengan efisien.

“Untuk itu, milenial harus bisa memanfaatkan pemilihan furnitur yang dapat disesuaikan dengan ukuran ruangan, style, kebutuhan dan anggaran biaya yang dimiliki agar ruangan lebih maksimal meskipun di lahan yang terbatas,” kata Martha.

Desain ergonomis

Meski suka dengan berbagai furnitur yang praktis, namun desain up to date, stylish dan ergonomis juga banyak diminati.

Hardy Satya, Direktur Utama Blackwood, perusahaan desain furnitur mengungkapkan bahwa desain furnitur yang adaptif terhadap berbagai kebutuhan juga menjadi inspirasi penataan hunian kaum metropolis.

Mengutip pernyataan Blackwood yang diterima CNNIndonesia.com, untuk memberikan karya terbaik bagi pelanggan, mereka bahkan memberikan kebebasan untuk memilih material, ukuran, dan finishing. Hal ini memungkinkan Anda punya banyak pilihan yang dapat disesuaikan kebutuhan dan sesuai dengan selera pribadi.

BLACKWOOD COLLECTIONSFoto: BLACKWOOD COLLECTIONS
Desain furnitur Ary Juwono dan Blackwood (Courtesy of Blackwood)

Bekerjasama dengan desainer interior Indonesia, Ary Juwono, perusahaan tersebut menghadirkan karya terbarunya yang terdiri dari sofa, table, coffee table, lounge chair, swivel chair, console, cabinet, bed, buffet, nightstand, hingga kaca yang sangat mudah dipadupadankan dan menjawab kebutuhan dalam memenuhi selera pribadi pembeli.

“Furnitur yang saya desain adalah rangkuman cerita atas pengalaman saya mendesain mebel sebagai perangkat interior dengan menggabungkan gaya Italia dengan gaya Amerika dalam genre minimalis yang melahirkan cita rasa classy,” ungkap Ary.

Editor : Aron
Sumber: detik