Ilustrasi virus corona.

Setelah bertahan sekitar 9 bulan dengan zona hijau ternyata Kabupaten Kepulauan Anambas bobol juga dalam mempertahankannya. Hal itu terjadi ketika ada pelatihan Satpol PP Anambas ke Kabupaten Kepulauan Natuna. Pulang dari sana salahsatu peserta dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani swab tes sebanyak dua kali.

Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar mengatakan, tanggal 3 yang bersangkutan inisial BN pulang dengan rombongan naik bukit raya. Sesampainya di Anambas tanggal 4 November BN mengeluh batuk pilek saat itu juga dilakukan rapid tes dan hasilnya reaktif. Setelah itu dilakukan swab tes yang pertama juga positif dan swab kedua juga positif sehingga Satgas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Anambas melakukan tracing terhadap orang kontak dengan BN.

“Melalui pendekata kepada keluarga yang bersangkutan anak istri dan mertua nya kami sudah melakukan swab tes ketiga-tiganya hasilnya negatif. Bahkan rencananya akan dilakukan swab tes kedua untuk memastikan jika keluarga negatif,” kata Sahtiar kepada sejumlah wartawan, Kamis(5/11).

Tim Gugus Tugas juga melakukan tracing terhadap siapa saja yang kontak langsung dengan BN termasuk seluruh anggota Satpol PP Kabupaten Kepulauan Anambas karena BN bertugas disana. Bahkan Satgas Covid-19 juga telah melakukan tracing terhadap yang kontak dengan BN untuk mencegah penyebaran.

“Yang kontak langsung ataupun orang-orang rekan-rekan BN kami lakukan rapid tes hari ini secara massal. Alhamdulillah yang semuanya di antara ada yang kontak langsung tadi itu hasilnya negatif,” kata Sahtiar.

Namun saat ini masih ada dua orang dalam penanganan belum bisa disebutkan hasil swabnya belum keluar. Sementara untuk kasus nomor 1 ini dilakukan isolasi di RSUD Tarempa. Atas adanya kasus nomor 1 ini diharapkan seluruh masyarakat Tarempa agar lebih wasoada dan selalu menggunakan masker jika bepergian dan cuci tangan yang bersih.

“Yang bersangkutan sudah di isolasi, namun bagi yang dalam penanganan besok kita sampaikan hasilnya. Disini juga saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada gunakan masker jika keluar rumah dan jaga kebersihan,” kata Sahtiar.

 

Editor : Aron