Hubungan seksual untuk pasangan yang sudah tua atau berusia 40 tahun ke atas dapat menjadi obat alami untuk sejumlah penyakit. (Istockphoto/Milkos)

Hubungan seksual identik dengan pasangan usia subur hingga bertujuan untuk menambah keturunan. Seiring bertambah usia, frekuensi berhubungan seksual kian menurun.

Padahal, berhubungan seksual di usia tua memiliki sejumlah manfaat.

Psikolog klinis dan forensik, Kasandra Putranto mengungkapkan hubungan seksual untuk pasangan yang sudah tua atau berusia 40 tahun ke atas dapat menjadi obat alami untuk sejumlah penyakit.

“Obat yang paling natural untuk kecemasan dan kemarahan adalah ekspresi kasih sayang, salah satunya hubungan seksual,” kata Kasandra dalam Setroom, Secret at Newsroom di CNNIndonesia.com episode Balada Romansa di Tengah Corona.

Terlepas dari itu, ia juga memaparkan beberapa manfaat hubungan seksual di usia tua, di antaranya:

1. Meningkatkan kesehatan fisik

Berhubungan seksual di usia tua dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Berhubungan seks dapat membakar lemak dan kalori sekaligus menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Memperpanjang usia

Studi menunjukkan manfaat kesehatan yang besar dari berhubungan seksual yakni dapat memperpanjang usia seseorang. Sebagaimana dilansir Help Guide, pasangan yang rutin berhubungan seksual memiliki usia yang lebih lama dibandingkan pasangan yang jarang berhubungan seksual.

3. Meningkatkan kesehatan mental

Close-up of cheerful young woman. Portrait of beautiful happy female with long hair. She is in casuals at city.Ilustrasi bahagia. (Istock/xavierarnau)

Kasandra menyebut hubungan seks juga baik untuk kesehatan mental karena dapat meredakan stres, kecemasan, dan rasa marah.

Saat berhubungan seksual, kata Kasandra, otak mengeluarkan hormon endorfin yang dapat menimbulkan rasa senang dan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Memperkuat hubungan rumah tangga

Hubungan seksual merupakan ekspresi cinta dan kasih sayang sehingga dapat mempererat hubungan di masa tua.

“Hubungan seksual tidak hanya bertujuan untuk reproduksi tapi merupakan ekspresi kasih sayang. Ini penting,” ucap Kasandra.

5. Meningkatkan rasa percaya diri

silhouette of cheering woman hiker open arms at mountain peakIlustrasi percaya diri. (Istockphoto/lzf)

Berhubungan seksual pada usia di atas 50 tahun juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dikutip dari Psychology Today, berhubungan seksual dapat menimbulkan rasa percaya diri dan lebih menghargai diri sendiri.

Di samping itu, hubungan seksual juga dapat menghilangkan rasa kesepian dan terisolasi yang kerap dijumpai pada orang tua.

 

 

Editor : Parna

Sumber : cnnindonesia