Sosok Dr. H. M. Soerya Respationo SH. MH di mata ustad Erwin Abu Ghaza merupakan seorang muslim yang muslih karena senantiasa berusaha memperbaiki diri dengan bimbingan para kyai dan asatidz.

Menurutnya, seorang muslim tidak hanya harus soleh, tetapi juga muslih. Sholeh, diartikan dalam kategori muslim yang baik. Muslim yang taat dan bersungguh – sungguh menjalankan ibadah. Sedangkan muslih adalah mampu memperbaiki diri sendiri dan orang lain.

“Ini dimaknai, bahwa ‘sholeh’ adalah kualitas kebaikannya hanya untuk diri sendiri, sedangkan ‘muslih’ kualitas kebaikannya bisa atau mampu merambah dan menjadi petunjuk bagi orang lain, masyarakat sekitar. Romo Soeryo saya lihat terus berusaha memperbaiki diri, ahli keluarganya dan memperbaiki lingkungannya,” jelas Abu Ghaza, Kamis (29/10).

Erwin Abu Ghaza mengungkapkan dalam upaya memperbaiki lingkungannya, Soerya Respationo tidak hanya ingin memperbaiki lingkungan sekitarnya tetapi berkeinginan untuk memperbaiki lingkungan yang lebih luas yaitu Propinsi Kepri.

“Dalam kontestasi pilgub Kepri pada 9 desember 2020 mendatang beliau ingin memperbaiki kondisi Kepri menjadi lebih baik dan meningkat disegala bidang,” ujar Abu Ghaza.

Ia mengatakan berkumpul bersama asatidz setiap pekan telah menjadi agenda rutin Soerya Respationo. Pertemuan itu merupakan aktivitas pengajian dan mendengarkan nasihat/tausiyah dalam rangka menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

 

 

Editor : Parna