PT Bio Farma akan menerima 15 juta dosis bulk vaksin COVID-19 dari perusahaan biofarmasi Sinovac Biotech Ltd. di China pada November 2020.
“Saat ini posisinya untuk bulan November 2020 ini 15 juta dosis bulk,” kata Kepala Divisi Unit Klinik dan Imunisasi Bio Farma Mahsun Muhammadi dikutip dari Antara, Kamis (29/10).
Dosis bulk tersebut tersebut merupakan “bahan baku” yang akan diolah oleh Bio Farma di Indonesia menjadi vaksin siap guna untuk dapat didistribusikan dan diberikan ke masyarakat. Izin penggunaan vaksin Sinovac tersebut harus mendapatkan persetujuan dari BPOM.
Pada saat ini, Bio Farma sudah meningkatkan kapasitas produksi untuk vaksin COVID-19 sebesar 250 juta dosis per tahun.
Sementara untuk vaksin COVID-19 produk jadi dari Sinovac akan dikirim sebanyak masing-masing 1,5 juta dosis untuk November dan Desember 2020 ke Indonesia. Namun, penyuntikan vaksin jadi tersebut akan menunggu persetujuan dari BPOM
Mahsun menuturkan dalam pemilihan vaksin COVID-19, ada sejumlah pertimbangan antara lain vaksin harus aman, berkhasiat atau mampu menimbulkan antibodi, dan bermutu.
“Harga vaksin harus terjangkau, sudah masuk uji klinik fase 3, sesuai untuk penduduk Indonesia, dan dengan biaya distribusi rendah,” katanya.
RI Dapat 15 Juta Bulk dan 3 Juta Vaksin Siap Guna Sinovac Per November (1)
Ilustrasi vaksin corona dari Sinovac. Foto: Tingshu Wang/REUTERS
Vaksin COVID-19 juga hanya boleh menimbulkan efek samping yang dapat ditoleransi. Pemilihan vaksin COVID-19 juga memperhatikan aspek kemudahan proses distribusi dan penyimpanan terkait dengan suhu vaksin, katanya.
Dalam kerja sama dengan Sinovac, Mahsun menuturkan ada transfer teknologi sehingga vaksin dapat diproduksi di Indonesia. Transfer teknologi sudah dilakukan pada September 2020 termasuk tentang pengendalian mutu (quality control).
Uji klinik fase 3 untuk vaksin yang dikembangkan Sinovac itu diadakan di sejumlah negara yakni Brasil dengan 8.870 relawan penerima vaksin, Indonesia dengan 1.620 orang, Chili dengan 4.000 orang, Turki dengan 13.000 orang, dan Bangladesh dengan 4.000 orang. Sehingga total rencana ada 31.490 orang yang menjadi sasaran vaksin tersebut.
Sinovac telah menyelesaikan uji klinis fase 3 di beberapa tempat termasuk di Brasil.
Uji klinik fase 3 di Indonesia dimulai Agustus 2020 dan ditargetkan selesai pada Januari 2021.
Editor : Parna
Sumber : kumparan