Kepulauan Riau menjadi salah satu provinsi yang mengalami lonjakan kasus dan kematian akibat Corona tertinggi di Indonesia dalam sepekan terakhir.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan ada lima provinsi yang mengalami lonjakan kasus Corona.

Rinciannya yakni Jawa Barat naik 627 kasus, Banten 345 kasus, Kepulauan Riau naik 238 kasus, Riau naik 234 kasus, dan Jawa Tengah naik 184 kasus.

“Kami melihat tren dari yang sebelumnya mengalami kenaikan yang terjadi, namun daerah ini menjadi lengah. Kami mohon perhatiannya bagi daerah-daerah yang masih masuk lima besar agar melakukan evaluasi protokol kesehatan di masyarakatnya,” ungkap Wiku dalam keterangan pers di Media Center Satgas Penanganan Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Selasa (27/10).

Wiku juga menambahkan jumlah kasus kematian mengalami kenaikan. Pekan ini peningkatan sebesar 18 persen pada penambahan kematian mingguan.

Provinsi Banten, Nanggroe Aceh Darussalam, DKI Jakarta, dan Sumatera Utara yang pekan sebelumnya berada di lima besar provinsi dengan angka kenaikan kematian tertinggi telah berhasil menekan angka kematian pada pekan ini sehinga keluar dari lima besar.

“Provinsi Jawa Tengah masih bertahan di lima besar kematian tertinggi seperti pekan sebelumnya. Jawa Barat naik 89, Sumatera Barat naik 22, Jawa Tengah naik 16, Kepulauan Riau naik 10, dan Nusa Tenggara Barat naik 7,” papar Wiku.

Data Satgas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Provinsi Kepri menunjukkan ada 3.554 kasus Corona secara akumulatif hingga Selasa (27/10).

Dari data tersebut, terdapat 830 kasus aktif, 2.812 dinyatakan sembuh dan 92 orang meninggal dunia.

 

 

Editor : Parna

Sumber : batamnews