Ilustrasi banjir di Jawa Barat (ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar)

Banjir merendam ratusan permukiman warga yang tinggal di delapan desa di dua kecamatan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (27/10). Tak hanya menggenangi rumah, banjir juga membuat 116 kepala keluarga mengungsi.

Dalam laporannya, Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jabar Budi Budiman Wahyu mengatakan banjir melanda sejak pukul 02.00 WIB.

“Penyebab banjir akibat hujan dari pukul 22.00 WIB s.d pukul 02.00 WIB mengakibatkan sungai Ciputrahaji dan Sungai Cikaso meluap,” ujar Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (27/10) petang.

Genangan air merendam dua kecamatan yaitu Banjarsari dan Banjaranyar. Di Kecamatan Banjarsari, banjir merendam enam desa yaitu Desa Purwasari, Desa Cibadak, Desa Banjarsari, Desa Ciherang, Desa Ratawangi, dan Desa Sukasari.

Sedangkan, di Kecamatan Banjarnayar, banjir merendam dua desa yakni Desa Cikaso dan Desa Sindangrasa.

Akibat banjir tersebut, sejumlah warga di Kecamatan Banjarsari sempat mengungsi.

“Tempat pengungsian di pesantren Al-Islah,Desa Purwasari, Kecamatan Banjarsari. Ada 116 KK,” ujarnya.

Dalam laporannya, Budi mengatakan kondisi terkini air masih mengenangi di beberapa titik. Selain itu, evakuasi warga dan pendataan dampak banjir masih dilakukan oleh petugas.

BPBD Provinsi Jawa Barat juga telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Ciamis. Sementara BPBD Kabupaten Ciamis berkoordinasi dengan aparat setempat melakukan evakuasi dengan menurunkan perahu karet dan melakukan kaji cepat di lokasi kejadian.

 

 

Editor : Parna

Sumber : cnnindonesia