Tesla Cetak Laba Tertinggi, Harga Saham Melambung
Elon Musk pimpinan produsen mobil Tesla

Perusahaan mobil listrik besutan Elon Musk, Tesla,membawa kabar menggembirakan untuk investor. Saham berkode TSLA ini melambung usai perusahaan mengumumkan laba kuartal III 2020, yakni US$874 juta.

Laba kuartalan tersebut merupakan rekor terbaik Tesla, naik 156 persen dari laba kuartal sama tahun sebelumnya atau hampir dua kali lipat dari kinerja kuartal II 2020. Pencapaian tersebut juga melebihi prediksi analis di kisaran US$593 juta.

Nilai tersebut belum termasuk dari penjualan barang-barang khusus (special items) yang dinyatakan sebesar US$331 juta. Jika ditotal, laba bersih perusahaan lebih dari tiga kali lipat dari pendapatan kuartal sebelumnya.

Dari operasi perusahaan dan penjualan saham baru-baru ini, perusahaan yang pernah kekurangan uang itu mengakhiri kuartal dengan uang kas sebesar US$14,5 miliar, naik 69 persen hanya dalam tiga bulan.

“Kami memiliki likuiditas yang cukup untuk mendanai roadmap (rencana) produk kami, rencana ekspansi kapasitas jangka panjang, dan biaya lainnya,” kata perusahaan dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari CNN, Kamis (22/10).

Ambisi Elon Musk terus dibuktikan dengan pencapaian yang gemilang. Sebelumnya, berbagai pihak meragukan optimismenya bahwa Tesla dapat mencapai target menjual 500 ribu mobil tahun ini mengingat terjadi penutupan pabrik di Fremont California karena pandemi.

Namun, Tesla membuktikan kegigihannya. Hingga kuartal ketiga, perusahaan telah mengirimkan 319 ribu unit mobil. Hal ini mendongkrak harga saham TSLA hingga 400 persen sepanjang tahun ini.

Sedangkan, pendapatan Tesla saat ini mencapai US$8,8 miliar, naik 39 persen dari tahun lalu Begitu pula dengan arus kas yang tercatat lebih dari tiga kali lipat menjadi US$1,4 miliar.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia