General Motors (GM) resmi mengenalkan Hummer EV melalui laman resminya belum lama ini. Hummer merupakan mobil buatan GMC sebagai kendaraan penumpang versi sipil dari mobil militer Humvee.
Namun Hummer yang dulu bukanlah yang sekarang. Modelnya telah mengikuti perkembangan zaman. Hummer sekarang telah bereinkarnasi dalam bentuk kendaraan listrik atau EV.
Baru Sejam Dirilis, Hummer EV Sudah Ludes Dipesan (1)
Hummer EV tampak depan. Foto: dok. Electrek
Pasca dirilis, Hummer EV Edition 1 langsung mendapat respons yang luar biasa. Baru sejam dibuka keran pemesanan, SUV listrik tersebut sudah ludes dipesan.
Artinya sampai kuota pertamanya diproduksi, pabrikan tidak menerima pesanan lagi. Namun sayang, GMC tak menyebut Hummer Edition 1 yang dipersiapkan.
Padahal mobil belum resmi meluncur. Distribusi unitnya juga bakal dilakukan pada September 2021 nanti, demikian seperti mengutip Electrek.
Baru Sejam Dirilis, Hummer EV Sudah Ludes Dipesan (2)
Hummer EV tampak belakang. Foto: dok. Electrek
Ini menandakan minat akan mobil listrik tersebut masih tinggi. Kemungkinan adalah para loyalis Hummer yang sudah lama menantikannya. Maklum Hummer sempat disuntik mati pada 2009, setelahnya GM tak lagi mengembangkannya.
Menariknya, setiap tahun mulai 2021, GMC akan merilis Hummer EV dengan kuota tertentu dan ciri khas yang berbeda.
Misalnya, Hummer EV Edition 1 2021 dijual seharga Rp 1,6 miliar dengan daya tempuh 563 km dalam sekali pengisian penuh dan tenaga 1.000 dk. Interiornya dilengkapi dengan panel atap transparan.
Baru Sejam Dirilis, Hummer EV Sudah Ludes Dipesan (3)
Bagasi Hummer EV. Foto: dok. Electrek
Selanjutnya pada 2022, ada Hummer EV 3x seharga Rp 1,4 miliar namun dengan daya jelajah yang lebih pendek sekitar 450 km dan tenaga 800 dk.
Kemudian pada 2023, GMC akan merilis Hummer EV 2x yang harganya Rp 1,3 miliar dengan daya tempuh 450 km serta tenaga 625 km. Tapi fiturnya lebih kaya, karena dilengkapi mode crabwalk dan adaptive air suspension.
Puncaknya pada 2024, Hummer EV2 akan meluncur dengan harga lebih rendah di angka Rp 1,1 miliar. Daya tempuhnya berkisar 400 km dan tenaga 625 dk.
Baru Sejam Dirilis, Hummer EV Sudah Ludes Dipesan (4)
Hummer EV tampak depan. Foto: dok. Electrek
Hummer EV Edition 1 membawa ubahan yang signifikan dari Hummer H2. Kendati begitu, modelnya masih mengotak yang dilabur desain futuristik.
Grille-nya digantikan dengan pendaran LED bertuliskan HUMMER, dengan bentuk 7 lubang yang khas untuk menghormati model terdahulu.

Interior Hummer EV

Masuk ke dalam, nuansanya serba masa depan dengan lekukan dashboard dan konsol tengah yang tegas. Head unit super besar berukuran 13,4 inci dan panel meternya 12,3 inci.
Baru Sejam Dirilis, Hummer EV Sudah Ludes Dipesan (5)
Interior Hummer EV Foto: dok. Electrek
Pabrikan mengklaim, dengan torsi maksimum 15.592 Nm, Hummer EV bisa melesat dari diam ke 100 km/jam hanya dalam waktu 3 detik! Ya kecepatan akselerasinya itu sebelas dua belas dengan Tesla Model 3 Performance, Honda NSX, atau Ford GT.
Baru Sejam Dirilis, Hummer EV Sudah Ludes Dipesan (6)
Interior Hummer EV Foto: dok. Electrek
Enggak kebayang ya, dengan dimensi besar nan berbodi SUV gambot tapi bisa melesat cepat.
Editor : Parna
Sumber : kumparan