Ilustrasi makan magga

Buah dengan kadar gula tinggi ini sebaiknya tak dikonsumsi terlalu banyak oleh pelaku diet atau penderita diabetes. Apa saja daftarnya?

Buah pada umumnya mengandung karbohidrat berbentuk gula yang disebut fruktosa, namun secara umum gula pada buah aman dikonsumsi. Hal ini disampaikan ahli gizi Jansen Ongko, seperti dikutip dari detikhealth.

Ia mengatakan tidak ada batasan mengonsumsi buah-buahan untuk mereka yang sehat. Namun bagi penderita diabetes, beberapa buah tinggi gula sebaiknya tidak dikonsumsi karena bisa memicu kenaikan glukosa darah dengan cepat.

Pun untuk mereka yang sedang berjuang turunkan berat badan, buah dengan kadar gula tinggi sebaiknya tak terlalu banyak dikonsumsi. Lalu apa saja buah tinggi gula?

detikFood merangkum 7 daftar buah dengan kadar gula tinggi seperti dikutip dari Womens Health Mag (21/10):

1. Leci

Leci7 Buah dengan Kadar Gula Tinggi yang Perlu Dihindari Pelaku Diet Foto: iStock

Tiap satu cup (190 gram) buah leci segar mengandung 125 kalori dan 29 gram gula. Karenanya buah renyah manis ini sebaiknya tak dikonsumsi terlalu banyak.

Untuk zat gizi lainnya, leci mengandung sekitar 136 mg kalsium. Asupan ini memenuhi kebutuhan kalsium harian seseorang yang hanya 75 mg.

2. Mangga
Siapa tak suka mangga? Buah tropis ini rupanya termasuk buah dengan kadar gula tinggi. Sekitar 165 gram mangga mengandung 99 kalori dan 23 gram gula.

Tapi mangga punya banyak manfaat sehat lain, seperti tinggi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

3. Apel

Buah dengan kadar gula tinggi selanjutnya adalah apel. Satu buah apel ukuran sedang mengandung 25 gram karbohidrat dengan komposisi gula sebanyak 19 gram. Sementara kalorinya sekitar 95.

Namun kamu tak perlu khawatir saat mengonsumsi apel karena buah ini juga tinggi serat. Bonus lainnya, apel tinggi kandungan antioksidan seperti vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh.

4. Jeruk

Jeruk Mandarin7 Buah dengan Kadar Gula Tinggi yang Perlu Dihindari Pelaku Diet Foto: iStock

Satu buah jeruk ukuran besar mengandung sekitar 86 kalori dan 17 gram gula. Konsumsi jeruk baik untuk kesehatan karena tinggi vitamin C dan selenium.

Untuk pilihan terbaik, konsumsilah jeruk dalam bentuk buah utuh, bukan jus apalagi jus instan. Mengonsumsi jeruk utuh memungkinkan tubuh juga mengasup serat sehingga bisa memperlambat penyerapan gula.

5. Pir
Buah dengan kadar gula tinggi selanjutnya adalah pir. Tiap satu buah pir ukuran sedang mengandung 17 gram gula dan 101 kalori.

Buah renyah manis ini cocok jadi camilan siang hari karena kandungan gulanya yang tinggi bisa puaskan seleramu. Selain itu, pir juga kaya serat yang bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Jumlahnya mencapai 6 gram.

6. Kiwi
Kiwi terkenal sebagai buah tinggi vitamin C. Selain itu, kiwi ternyata buah dengan kadar gula tinggi. Tiap 180 gram kiwi mengandung 16 gram gula dan 110 kalori.

Untuk konsumsinya, makan 180 gram kiwi bisa mengasup tiga kali lipat kebutuhan vitamin C harian seseorang. Ada juga kandungan vitamin K yang bermanfaat untuk tubuh.

7. Nanas

manfaat nanas7 Buah dengan Kadar Gula Tinggi yang Perlu Dihindari Pelaku Diet Foto: iStock

Setiap 165 gram nanas mengandung setidaknya 82 kalori dan 16 gram gula. Karenanya nanas juga termasuk buah dengan kadar gula tinggi.

Meski begitu, nanas punya banyak manfaat sehat. Salah satu yang menonjol adalah tinggi vitamin C dan mangan. Nanas juga sangat baik dalam menghidrasi tubuh.

 

Editor : Aron

Sumber : Detik