Ikustrasi. Artis muda yang pernah tersandung kasus narkoba
Kabar mengenai artis yang tersandung kasus narkoba mungkin sudah sering kita dengar. Baru-baru ini dunia hiburan kembali dikejutkan dengan penangkapan salah satu artis muda yang terjerat kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang.
Renald Ramadhan baru-baru ini juga diciduk polisi terkait narkoba. Pemain sinetron Dari Jendela SMP yang kini berusia 17 tahun itu ditangkap di Sawangan, Depok, Jawa Barat, pada 15 Oktober 2020 lalu.
Sebelumnya, sejumlah selebritas muda juga sempat ditangkap polisi terkait kasus narkoba. Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut!

1. Axel Matthew

Selain Renald Ramadhan, 6 Artis Muda Ini Pernah Tersandung Kasus Narkoba (1)
Axel Matthew. Foto: instagram @axelmatthewthomas
Putra dari Jeremy Thomas, Axel Matthew pernah tersandung kasus narkoba pada 2016 lalu. Axel Matthew menjadi tersangka kasus dugaan penyalahgunaan psikotropika jenis H5 atau pil Happy Five.
Namun, bintang sinetron Api dan Cinta ini disebut bukanlah pemakai, melainkan hanya pernah membeli narkoba. Berdasarkan hasil tes urine pun menunjukkan Axel Matthew negatif narkoba. Meski begitu, ia tetap mendekam di penjara selama empat bulan.

2. Naufal Samudra

Selain Renald Ramadhan, 6 Artis Muda Ini Pernah Tersandung Kasus Narkoba (2)
Naufal Samudra. Foto: intagram @itsnaufalsamudra
Beberapa waktu lalu, bintang sinetron sekaligus FTV, Naufal Samudra, juga terjerat kasus narkoba. Naufal ditangkap di kediamannya di Jalan Margasatwa Barat, Jagakarsa, pada 13 April 2020.
Dalam penangkapan itu polisi mengamankan barang bukti berupa narkotika jenis cannabinoid sintetis atau marijuana sintetis di dalam kemasan liquid vape. Pemain film Jailangkung ini kemudian divonis hukuman 10 bulan rehabilitasi.

3. Dylan Carr

Selain Renald Ramadhan, 6 Artis Muda Ini Pernah Tersandung Kasus Narkoba (3)
Dylan Carr. Foto: instagram @dylancarr8
Pesinetron tampan Dylan Carr pernah terlibat kasus narkoba pada 2016. Aktor muda ini ditangkap oleh Satuan Narkoba Kepolisian Resor Jakarta Selatan di lokasi syuting di Ceger, Jakarta Timur.
Berdasarkan hasil tes urine, pemain sinetron Anak Jalanan ini tidak hanya aktif mengkonsumsi ganja. Namun, ia juga postif mengkonsumsi sabu dan obat-obatan lainnya.
Atas tindakannya tersebut, Dylan Carr harus menjalani proses rehabilitasi. Namun, kini aktor berusia 25 tahun tersebut telah kembali aktif berakting.

4. Aulia Farhan

Selain Renald Ramadhan, 6 Artis Muda Ini Pernah Tersandung Kasus Narkoba (4)
Aulia Farhan Foto: Instagram @farhanpetterson
Awal tahun 2020, dunia hiburan sempat dikejutkan dengan kabar salah satu pemain sinetron Anak Langit, Aulia Farhan, terjerat kasus narkoba. Aulia Farhan diamankan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya pada 20 Februari 2020.
Dalam pengamanan itu, ia dinyatakan positif menggunakan narkotika jenis methapetamine dan amphetamine. Aulia Farhan juga mengaku sudah menggunakan sabu selama enam bulan belakangan.

5. Reza Alatas

Selain Renald Ramadhan, 6 Artis Muda Ini Pernah Tersandung Kasus Narkoba (5)
Reza Alatas. Foto: instagram @rezaalattas
April 2020 lalu, giliran pesinetron Reza Alatas yang tertangkap dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Pemain sinetron Ganteng-ganteng Serigala ini diamankan oleh pihak kepolisian karena memiliki sabu beserta alat pengisapnya.
Hasil tes urine pun menunjukkan Reza Alatas positif sejumlah narkoba di antaranya methapetamine, amphetamine, dan benzo. Ini adalah kali kedua Reza ditangkap karena jeratan narkoba. Sebelumnya, ia sempat diamankan polisi pada 2018 atas kasus yang sama.

6. Jefri Nichol

Selain Renald Ramadhan, 6 Artis Muda Ini Pernah Tersandung Kasus Narkoba (6)
Aktor Jefri Nichol saat ditemui di Konferensi Pers Film habibie ainun 3 dikawasan Plaza Indonesia, Jakarta, Jumat, (13/12). Foto: Ronny
Pemain film Dear Nathan, jefri Nichol pernah terjerat kasus dugaan penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Jefri Nichol ditangkap Satuan Narkoba Polres Jakarta Selatan pada 22 Juli 2019.
Saat penangkapan polisi mendapati barang bukti berupa ganja seberat 6,01 gram yang disimpan dalam kulkas di kediamannya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.
Setelah menjalani rangkaian persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jefri Nichol divonis pidana penjara selama tiga bulan dikurangi masa tahanan. Ia juga diizinkan menjalani hukuman melalui rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur.
Selain Renald Ramadhan, 6 Artis Muda Ini Pernah Tersandung Kasus Narkoba (7)
Renald Ramadhan. Foto: Instagram @renaldrmdhnreal
Artis berusia 17 tahun, Renald Ramadhan ditangkap polisi atas dugaan memiliki narkoba jenis sabu pada 15 Oktober 2020 lalu. Saat penangkapan didapati barang bukti berupa sabu seberat 0,4 gram.
Hasil tes urine pun menunjukkan ia positif metamfetamin. Berdasarkan hasil pemeriksaan, mantan pacar Dinda Hauw ini mengaku telah membeli barang haram tersebut selama lima kali dari orang-orang yang berbeda dan ia juga mengakui alasan penggunaan obat-obatan terlarang yakni ingin kurus.
Dikarenakan usianya yang masih belia, peradilan yang akan dijalankan Renald Ramadhan yakni sistem peradilan di bawah umur.
Editor : Aron
Sumber : Kumparan