Nikon Experience Hub Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Kabar mengejutkan datang dari industri kamera profesional. PT. Nikon Indonesia resmi mengumumkan akan menutup kantornya di Indonesia mulai 22 Oktober 2020.
Penutupan kantor tersebut berarti juga menghentikan seluruh operasi Nikon Indonesia secara penuh. Dalam pengumuman resminya, Nikon Indonesia akan mengintegrasikan seluruh kegiatan penjualan hingga after sales ke PT. Alta Nikindo, selaku distributor resmi Nikon di Indonesia.
“Kami akan tetap memberikan layanan dan support terbaik kepada para pengguna Nikon di Indonesia dengan mengintegrasikan seluruh kegiatan sales, marketing dan service ke PT. Alta Nikindo selaku distributor resmi Nikon di Indonesia,” Tulis Nikon dalam akun Instagram resminya.
PT. Nikon Indonesia mengucapkan terima kasih atas delapan tahun kebersamaan yang telah dilalui. General Manager of Imaging Division Nikon Indonesia, Sukimin Thio, juga mengkonfirmasi bubarnya PT. Nikon Indonesia lewat posting-an di akun Instagram miliknya.
Berhenti operasinya Nikon Indonesia juga membuat layanan premium mereka, Z Privilege Membership, juga akan dinonaktifkan per 21 Oktober 2020 pukul 23:59 WIB sampai pemberitahuan lebih lanjut.
Pasar kamera di Indonesia memang tahun ini diprediksi tidak akan lebih baik dibanding tahun lalu. Indikasi dari kelesuan pasar tahun ini tercermin dari situasi ekonomi Indonesia yang terus turun di tengah pandemi virus corona.
Pandemi corona membuat orang menjadi lebih selektif dalam membelanjakan uangnya. Hal ini diperkirakan bisa membuat permintaan kamera menjadi turun. Di samping itu persaingan yang ketat dengan kompetitor juga bisa berdampak pada pertumbuhan bisnis.
Editor : Parna
Sumber : kumparan