Makanan mewah. Foto: Shutterstock
Konon harga suatu makanan menentukan kualitas dan jaminan rasanya. Sehingga, enggak heran kalau kamu menemukan makanan dengan harga jutaan bahkan miliaran rupiah. Belum lagi, makanan tersebut disajikan oleh seorang koki profesional atau disajikan sebagai menu khusus di sebuah restoran berbintang.
Ada harga, ada barang; begitu istilah mencoba mengaitkannya. Namun, bagi sebagian orang penikmat makanan mewah, ini merupakan sesuatu yang berharga dan bahkan menjadi kebanggaan tersendiri. Itulah mengapa, meski harga untuk sebuah makanan tersebut bagi kita mungkin tak masuk akal, tapi buat mereka ini adalah kesempatan langka.
Kira-kira, apa saja sih yang membuat makanan dibanderol dengan harga yang amat tinggi? Berikut rangkum 6 makanan dengan harga fantastis yang pernah ada di dunia.

1. Kepiting salju – Rp 644 juta

6 Makanan dengan Harga Fantastis, dari Kepiting Salju sampai Biskuit Oreo (1)
Ilustrasi kepiting salju Foto: dok.shutterstock
Pada tahun 2019, makanan asal Jepang ini dinobatkan sebagai kepiting termahal di dunia oleh Guinness World Records. Dengan berat 1,2 kilogram dan lebar 14,6 sentimeter, kepiting hasil pelelangan itu berhasil mengalahkan rekor kepiting salju lain yang sebelumnya dihargai Rp 257 juta.
Kepiting fantastis ini disajikan dalam menu khusus di sebuah restoran mewah di Ginza Tokyo. Rasa yang lembut, creamy, dan gurih menjadikan kepiting salju sebagai salah satu makanan yang paling diincar di Jepang.

2. Daging sapi ‘vintage’ – Rp 46 juta

6 Makanan dengan Harga Fantastis, dari Kepiting Salju sampai Biskuit Oreo (2)
Kandungan zat besi daging sapi 3 kali daging ayam Foto: Pixabay
Alexandre Polmard, seorang butcher atau ahli daging asal Prancis menaksir harga steak miliknya sebesar 3.200 dolar Amerika atau Rp 40 juta. Steak tersebut terbuat dari daging cote de boeuf (rib steak) yang diproses selama belasan tahun. Daging ‘hibernasi’ ini telah melalui proses pelayuan dan disimpan dalam freezer bersuhu -43°C selama bertahun-tahun.
Saat ini, produk daging sapi milik Alexander telah berhasil diolah oleh chef asal Prancis, Fabrice Vullin, yang telah mengantongi dua bintang Michelin. Jadi tidak heran, dengan pengalaman dan lama pengolahan, membuat harga daging sapi mahal ini pada tahun 2018 menjadi bombastis.

3. Burger – Rp 133 juta

6 Makanan dengan Harga Fantastis, dari Kepiting Salju sampai Biskuit Oreo (3)
Ilustrasi Burger Termahal di Singapura Foto: Instagram @lombardos.amsterdam
Adalah Sheikh Mohammed bin Abdullah Al Thani, Ketua Departemen Statistik dan Pengembangan Masyarakat dari Uni Emirat Arab berhasil menjual burger termahal di dunia saat itu. Diluncurkan pada tahun 2017, burger dijual dengan harga 10.000 dolar Amerika atau sekitar Rp 133 jutaan.
Tidak menggunakan bahan mahal seperti truffle, caviar, ataupun gold leaf, hidangan burger ini malah terdiri dari susunan sederhana. Burger termahal di dunia itu disusun dengan tujuh daging patty, keju cheddar, dan irisan sayuran. Harga penjualan ratusan juta disumbangkan ke acara amal kanker payudara “Pink Caravan’s Pink Bite” di Dubai.

4. Taco – Rp 332 juta

6 Makanan dengan Harga Fantastis, dari Kepiting Salju sampai Biskuit Oreo (4)
Ilustrasi taco Foto: Dok.Shutterstock
Sebuah restoran di Meksiko bernama Frida, pada tahun 2017, menyajikan seporsi taco yang dijual seharga 25 ribu dolar Amerika atau setara dengan Rp 332 juta.
Tidak heran, makanan mahal ini terdiri dari dua roti tortilla yang mengandung serbuk emas. Isiannya juga terdiri dari bahan makanan mahal, seperti potongan daging kobe, caviar almas beluga, dan black truffle. Tak hanya itu saja, taco ini juga dilengkapi dengan cabai morita, tequila, dan kopi civet yang kemudian ditaburi dengan serbuk emas.

5. Tuna sirip biru – Rp 25 miliar

6 Makanan dengan Harga Fantastis, dari Kepiting Salju sampai Biskuit Oreo (5)
Kiyoshi Kimura menunjukkan daging ikan tuna sirip biru seharga di restoran miliknya di Tokyo, Jepang. Foto: AFP/Kazuhiro NOGI
Awal tahun 2020, pelelangan ikan Tahun Baru di Pasar Ikan Toyosu, Jepang, kembali diadakan. Kali ini, ikan tuna sirip biru seberat 276 kg laku dijual dengan harga 1,8 juta dolar Amerika atau sekitar Rp 25 Miliar.
Lelang ikan tuna sirip biru itu dimenangkan oleh Kiyoshi Kimura, pemilik restoran Sushi Zanmai yang populer di Jepang. Pada awal 2019, Kiyoshi Kimura juga memenangkan lelang ikan tuna sirip biru seberat 278 kg dengan harga 3,1 juta dolar Amerika atau setara dengan Rp 44 miliar.

6. Oreo x Supreme – Rp 200 juta

6 Makanan dengan Harga Fantastis, dari Kepiting Salju sampai Biskuit Oreo (6)
Oreo x Supreme. Foto: Dok. Instagram Oreo.
Biskuit hitam yang populer di masyarakat ini melakukan kolaborasi dengan brand pakaian ternama. Hasilnya, sebuah varian baru Oreo x Supreme dengan merah menyala yang awalnya dijual dengan harga 8 dolar Amerika atau setara Rp 109 ribu, kini ditawar hingga 15 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp 209 juta dalam situs ebay. Hal ini terjadi lantaran kepopuleran kedua brand dan antusiasme masyarakat, membuat harga camilan ini melonjak pesat.
Editor : Parna
Sumber : kumparan