Jika saat ini kamu sedang kebingungan soal pilihan karier atau pendidikan yang ingin dijalani di masa depan, mungkin saran dari miliarder Bill Gates ini bisa diikuti. Pria pendiri Microsoft itu menyebutkan ada tiga keahlian yang menurutnya bisa membuat sukses seseorang.
Bill Gates yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia itu mengungkap tiga keahlian tersebut adalah kemampuan di bidang sains, teknik, dan ekonomi. Ketiga keterampilan tersebut, menurut Gates, sangat mungkin untuk merevolusi industri di masa depan.
Kesimpulan tersebut didapat Gates setelah banyak berdiskusi dengan para penemu dan pengusaha, membaca buku, hingga pengalamannya saat mendanai sejumlah proyek kemanusiaan.
“Pekerja dengan tiga keahlian tersebut akan menjadi agen perubahan di seluruh institusi,” ujarnya Gates kepada Editor Eksekutif LinkedIn Daniel Roth, seperti dikutip CNBC.
“Saya memikirkan pengetahuan tentang sains, matematika, atau ekonomi akan banyak dibutuhkan dalam dunia karier di masa depan,” tambahnya.
Bagi kamu yang tidak memiliki tiga keahlian tersebut, jangan berkecil hati. Gates menjelaskan tidak harus menjadi ahli dalam ketiga bidang tersebut. Namun, mengerti cara kerja para ahli itu saja juga sudah cukup membantu siapa pun dalam karirnya di masa mendatang.
Bill Gates sendiri memiliki keahlian dalam bidang computer science atau ilmu komputer, meski jurusan kuliah yang ia ambil di di Universitas Harvard, Massachusetts, Amerika Serikat adalah hukum.
Gates pun tidak melanjutkan pendidikannya di Harvard dan memilih untuk menekuni bidang yang dicintainya, yaitu ilmu komputer, sehingga membangun Microsoft bersama Paul Allen pada 1975.
Dalam laporan CNBC, Gates mengatakan jika dirinya kembali ke kampus untuk menjalani perkuliahan. Ia akan memilih untuk mempelajari kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).
“Hari ini, saya akan mempelajari perangkat lunak, yang hari ini berarti masuk ke kecerdasan buatan,” kata miliarder itu saatnya jawab dengan mahasiswa Harvard.
Bill Gates berpendapat kecerdasan buatan juga dianggapnya bisa membuat kehidupan manusia lebih baik lagi di masa depan, sehingga pilihan untuk mempelajari dan bekerja di bidang tersebut akan sangat bagus.
Editor : Aron
Sumber : kumparan