Ilustrasi selingkuh.
Selingkuh merupakan permasalahan yang paling sering ditemukan di dalam sebuah hubungan. Meskipun perbuatan selingkuh adalah hal yang salah dan tidak boleh dilakukan, nyatanya tetap banyak orang yang melakukannya.
Lucunya, prialah yang paling sering dinobatkan sebagai tukang selingkuh. Padahal perempuan pun sering melakukan hal ini.
Bagaimana pun juga, disetiap perbuatan pasti ada alasan dibaliknya. Mungkin saat ini kamu sedang dalam posisi di selingkuhi oleh pasangan.
Bertanya-tanya apa alasan ia melakukan hal yang dapat merusak hubungan yang telah lama kamu bangun bersamanya. Bisa karena ia mulai lelah denganmu atau karena ia ingin memiliki pasangan lebih dari satu, dan lain sebagainya.
Berikut 5 alasan orang berselingkuh dari pasangan:
1. Tidak Ada Lagi Ikatan Emosional
5 Alasan Orang Selingkuh dari Pasangan (1)
Ilustrasi pasangan meminta putus karena selingkuh. Foto: Shutterstock
Dalam membangun sebuah hubungan, kamu tidak hanya mengenal pasanganmu secara pribadi. Perlu adanya sebuah ikatan yang lebih kuat dari itu, yaitu ikatan emosional.
Memiliki ikatan emosional dengan pasangan akan memudahkan kalian memahami satu sama lain sehingga jika terjadi permasalahan di dalam hubungan dapat diselesaikan dengan baik. Namun, jika kamu dan pasangan sudah tidak lagi memiliki ikatan emosional dan lebih mementingkan diri sendiri, hal ini bisa menjadi salah satu faktor kamu atau ia memilih untuk berselingkuh.
2. Tidak Ada Lagi Kontak Fisik
5 Alasan Orang Selingkuh dari Pasangan (2)
Ilustrasi selingkuh. Foto: Shutter Stock
Melakukan komunikasi dan kontak fisik di dalam hubungan merupakan hal yang penting. Bila biasanya ia sering memeluk dan menggenggam tanganmu ketika kamu berada di dekatnya, namun kini hal itu sangat jarang dilakukan bahkan hampir tidak ada pernah.
Ia seperti perlahan menjauh dan sudah merasa tidak nyaman untuk melakukan kontak fisik denganmu. Mungkin karena ia merasa bahwa berselingkuh akan mendapatkan kenyamanan yang tidak bisa ia dapatkan ketika bersamamu.
3. Kurang Percaya Diri
5 Alasan Orang Selingkuh dari Pasangan (3)
Ilustrasi selingkuh. Foto: Shutter Stock
Rasa kurang percaya diri ketika menjalani sebuah hubungan bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti, status sosial. Biasanya, pasangan akan mudah minder ketika pasangannya memiliki status sosial yang lebih tinggi darinya.
Sehingga, ia merasa tidak memiliki kemampuan yang pantas untuk menjalani hubungan dengannya. Rasa minder ini yang menyebabkan ia akan mencari seseorang yang setara dengannya dan bisa membuatnya percaya diri dengan segala kemampuan yang ia punya.
4. Rasa Bosan dan Jenuh
5 Alasan Orang Selingkuh dari Pasangan (4)
Ilustrasi pasangan selingkuh. Foto: Shutterstock
Rasa bosan dan jenuh dalam sebuah hubungan sangatlah wajar. Apalagi jika kamu dan pasangan sudah sangat lama menjalin hubungan asmara.
Setiap hari bertemu dan melakukan aktivitas bersama. Hal ini lah yang paling sering menjadi alasan mengapa pasangan bisa berselingkuh. Sebetulnya, kalian tetap bisa mempertahankan hubungan saat kondisi bosan dan jenuh melanda.
Hal yang perlu kalian lakukan ketika sedang dalam kondisi tersebut adalah berikan waktu dan ruang untuk kalian bertemu dengan teman-teman dan mengerjakan hobi masing-masing. Bukan mencari suasana baru dengan orang yang baru.
5. Ingin Mengakhiri Hubungan
5 Alasan Orang Selingkuh dari Pasangan (5)
Ilustrasi pasangan. Foto: Shutterstock
Pasangan yang berselingkuh bisa saja ingin memberikan pesan kepadamu bahwa hubunganmu dengannya sudah berakhir. Sehingga ia tidak perlu repot-repot untuk mengatakan bahwa ia tidak lagi memiliki rasa cinta dan sayang yang bisa ia berikan kepadamu. Padahal, berselingkuh bukanlah cara yang bijak untuk mengakhiri sebuah hubungan.
Editor : Parna
Sumber : kumparan