Gunung Kerinci Jambi, mengeluarkan asap hitam pekat pagi ini, Sabtu (17/10). Hal tersebut dibenarkan oleh petugas pemantau vulkanologi Gunung Kerinci, Irfan.
“Iya (benar). Kalau jamnya sekitar jam 4 lah, mulainya (keluar asap),” kata Irfan saat dihubungi.
Berdasarkan informasi dari Magma Indonesia, Gunung Kerinci saat ini ada pada status level II alias Waspada. Dalam laporan tersebut dikatakan ada aktivitas asap kawah bertekanan lemah yang teramati setinggi 50 hingga 200 meter di atas puncak kawah.
Gunung Kerinci Keluarkan Asap Hitam Pekat Pagi Ini (1)
Gunung Kerinci berstatus Waspada, 17 Oktober 2020 pukul 07.30 WIB. Foto: Dok. Istimewa
Dari pemantauan langsung sekitar pukul 07.00 WIB yang dilakukan oleh petugas pemantau vulkanologi, saat ini asap tersebut sudah mulai hilang.
“Kegiatan aktivitas (gunung) iya, sekarang juga udah putih (asap), kalau masih ada asap tapi sudah putih,” ucapnya.
Sementara, petugas pos lapor Gunung Kerinci, Danuri, juga membenarkan adanya asap tersebut. Namun saat ini kondisinya sudah normal, dan tak mengganggu aktivitas warga sekitar.
“Iya tadi pagi, asap tebal dari gunungnya. Sekarang sudah normal lagi, aman, tidak mengganggu aktivitas asapnya pun sudah normal terlihat putih,” ujarnya, dihubungi terpisah.
Meski demikian, masyarakat yang beraktivitas di sekitar gunung diimbau tidak mendaki kawah aktif yang ada di puncak dalam radius 3 Km.
Editor : aron
Sumber : Kumparan