Valentino Rossi absen di MotoGP Aragon 2020 setelah positif virus Corona. Berikut kronologis sampai akhirnya The Doctor dinyatakan positif COVID-19.

Seperti diberitakan sebelumnya, rider Monster Energy Yamaha itu merasakan demam ringan pada Kamis (15/10/2020) pagi. Rossi menjalani dua kali tes, dengan yang terakhir memperlihatkan dirinya positif virus Corona.

“Yamaha Motor Co., Ltd. and Yamaha Motor Racing Srl dengan menyesal mengumumkan bahwa Valentino Rossi takkan bisa mengikuti Gran Premio de Aragón pada akhir pekan ini,” sebut pernyataan tim MotoGP Yamaha dalam situs resminya.

Yamaha juga membeberkan kronologis dari Valentino Rossi meninggalkan sirkuit Le Mans yang jadi lokasi balap MotoGP Prancis 2020 pada akhir pekan lalu, sampai akhirnya tes positif Covid-19

– Pada hari Minggu 11 Oktober, Rossi meninggalkan sirkuit Le Mans dan menuju rumahnya di Tavullia, Italia.

– Pada hari Selasa 13 Oktober, Rossi menjalani tes PCR (Polymerase Chain Reaction) rutin, yang merupakan kewajiban bagi siapa saja yang mengunjungi rumahnya di sela-sela balapan. Hasilnya muncul keesokan harinya dan negatif.

– Pada hari Rabu 14 October, Rossi merasa bugar dan ia berlatih di rumah tanpa merasakan gejala maupun ketidaknyamanan.

– Pada hari Kamis 15 Oktober, ia bangun di pagi hari dan merasa tak enak badan. Ia sedikit demam dan langsung memanggil dokter. Dokter tersebut melakukan dua tes:

1. Sebuah tes cepat PCR, yang kembali memunculkan hasil negatif.
2. Sebuah tes standar PCR, yang mana hasilnya keluar pada hari Kamis 15 Oktober pada pukul 16.00 waktu setempat. Sayangnya, hasilnya positif.

– Kondisi Rossi akan dimonitor secara intensif oleh staf medis di Tavullia.- Pada masa Rossi ada di rumah sedari Minggu (11 Oktober) malam sampai dengan hari ini (Kamis 15 Oktober), ia tidak melakukan kontak dengan seorang pun yang saat ini terlibat dalam Gran Premio de Aragón, termasuk rider VR46 Academy, staf VR46, anggota tim Monster Energy Yamaha MotoGP dan lain-lain.

– Situasi ini akan ditinjau setiap hari dalam usaha terkait kemungkinan Rossi berpartisipasi dalam balapan MotoGP setelahnya.

 

Editor : Aron

Sumber : Detik