Seorang wanita di Italia berusia 39 tahun membuat heboh. Ia mengaku telah menerima transfer dana sebesar US$ 590.000 (sekitar Rp 8 miliar) melalui kardinal berpengaruh di Vatikan, Angelo Becciu.

Becciu sendiri sudah dipaksa mengundurkan diri oleh Paus September lalu. Ia dituduh melakukan penggelapan dan nepotisme.

Namun wanita bernama Cecilia Marogna itu menegaskan uang yang diterima perusahaannya yang berpusat di ibu kota Slovenia, Ljubljana, adalah sah. Ditegaskannya hal tersebut bukan dari tindakan kriminal.

“Saya tidak mencuri satu euro pun,” katanya kepada surat kabar lokal Domani dikutip dari AFP, Jumat (9/10/2020).Thea

Ia mengaku memiliki surat dari kardinal yang memberi saya hak untuk melakukan perjalanan dan melakukan hubungan diplomatik untuk membantu Gereja di negara-negara sulit. Hal itu, kata dia, karena dirinya adalah anggota senior dari dinas rahasia Italia.

Menurut AFP, Marogna dan Becciu (72) berasal dari kampung yang sama, Pula Sardinia, di Italia. Pembayaran kepadanya datang saat Becciu menjadi orang nomor dua di Sekretariat Negara Vatikan, yang mengelola sumbangan besar Gereja.

Marogna juga menyangkal menjadi “simpanan” Becciu. Ia mengklaim merupakan seorang analis politik dan pakar intelijen dan mengembangkan “jaringan hubungan di Afrika dan Timur Tengah” untuk melindungi perwakilan Vatikan di luar negeri.

Sementara itu beberapa media lokal negeri Pizza mendapat melaporkan menerima amplop anonim berisi data detil akun perusahaan Marogna. Di sana ditemukan bahwa sebagian pengeluaran bernilai ratusan ribu euro ditujukkan untuk pembelian produk mewah, termasuk Chanel dan kursi Frau.

Editor : Aron
Sumber : cnbcindonesia