Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan Bantuan Presiden atau Banpres Produktif berupa BLT senilai Rp 2,4 juta yang ditujukan bagi 3 juta pelaku usaha mikro tambahan sudah mulai disalurkan pekan ini.
“Pekan ini sudah mulai disalurkan untuk 3 juta usaha mikro berikutnya. Anggaran sudah kami terima dari Kementerian Keuangan,” katanya seperti dilansir dari Antara, Kamis (8/10).
Ia mengatakan sesuai target Banpres Produktif usaha mikro akan diberikan kepada total 12 juta usaha mikro UMKM yang belum tersentuh layanan perbankan.
Pada tahap pertama pemerintah telah berhasil menyalurkan bantuan corona itu kepada total 9 juta usaha mikro.
Kabar Baik! BLT UMKM Rp 2,4 Juta Cair ke 3 Juta Penerima Pekan Ini (1)
Salah satu UMKM nasabah KUR BRI. KUR BRI telah disalurkan hingga hampir 80 persen dari target tahun 2019 ini Foto: Dok. BRI
Ia mengatakan berdasarkan survei, Banpres Produktif dianggap paling tepat dan paling dibutuhkan pelaku usaha mikro yang selama pandemi modal kerjanya tergerus oleh kebutuhan konsumsi keluarga karena pendapatannya menurun.
“Karena itu program ini dengan cepat terserap, tentu dengan dukungan berbagai pihak baik Himbara, koperasi, pemda dan kementerian/lembaga yang memang banyak melakukan pendampingan di UMKM,” katanya.
Pihaknya akan memastikan penyaluran dari aspek pemerataan antar daerah ketepatan sasaran lalu kecepatan menjadi fokus utama karena program ini diharapkan bisa ikut membantu memulihkan ekonomi, demikian Teten Masduki.

 

Editor : Aron

Sumber : kumparan