Jamu Kunyit Asam. Foto: Flickr/Leni Suryani 13
Manfaat kunyit asam sudah sejak lama dipercaya masyarakat Indonesia. Ramuan jamu ini telah terkenal sehat dan punya banyak manfaat. Minuman khas Indonesia ini terdiri dari bahan-bahan natural; seperti kunyit serta asam jawa yang rasanya segar.
Cara menikmati jamu kunyit asam ini pun berbeda-beda, ada yang menambahkan gula merah atau beras kencur agar rasanya semakin nikmat. Minuman ini juga dapat diminum panas maupun dingin.
Salah satu manfaat jamu kunyit asam adalah mencegah peradangan dan oksidatif yang menyebabkan Alzheimer, meningkatkan kesehatan hati, hingga membantu pemulihan setelah melahirkan. Untuk semakin mengetahui manfaat kunyit asam, berikut kumparan rangkum lima di antaranya:

1. Mencegah Alzheimer

5 Manfaat Kunyit Asam, Jamu Segar Khas Indonesia (1)
Orang tua sakit Alzheimer. Foto: Pixabay
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kandungan jamu ini yakni kunyit bisa mencegah penyakit Alzheimer. Manfaat ini juga telah dibuktikan oleh sebuah penelitian dari jurnal Annals of Indian Academy of Neurology, menemukan bahwa rempah kuning ini mampu mencegah peradangan dan oksidatif yang memicu penyakit tersebut. Mengonsumsi kunyit juga dapat membersihkan plak amiloid, salah satu penyebab Alzheimer.
Tidak ada salahnya untuk mencegah penyakit yang disebabkan demensia ini. Walau belum ditemukan obatnya, campuran jamu kunyit asam mungkin dapat membantumu menghindari penyakit ini.

2. Menetralkan radikal bebas

5 Manfaat Kunyit Asam, Jamu Segar Khas Indonesia (2)
Kunyit asam yang segar. Foto: Stephanie Elia/kumparan
Konsumsi jamu kunyit asam dapat menetralkan radikal bebas. Sifat antioksidan dalam curcumin, yang terdapat dalam kunyit, mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Hal ini terbukti dari beberapa penelitian, salah satunya pernah dipublikasikan dalam jurnal Antioxidants and Redox Signaling pada tahun 2005.

3. Meningkatkan kesehatan hati

5 Manfaat Kunyit Asam, Jamu Segar Khas Indonesia (3)
Ilustrasi asam jawa Foto: Shutter Stock
Kandungan antioksidan dalam jamu ini juga diperlengkap dengan kehadiran asam jawa. Selain dapat menangkal radikal bebas dalam hati, kandungan antioksidannya juga membantu mengurangi kerusakan oksidatif kolesterol jahat.
Minuman kunyit asam juga bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol hati. Studi dalam jurnal PloS One menemukan, ekstrak buah asam bisa mengurangi kadar kolesterol total; kolesterol jahat, dan triglyceride pada hamster.

4. Berperan sebagai antibakteri

5 Manfaat Kunyit Asam, Jamu Segar Khas Indonesia (4)
Ilustrasi kunyit. Foto: Shutterstock
Jamu kunyit asam menjadi minuman yang cocok untuk menjaga daya tahan tubuh. Penelitian dengan judul Tamarindus indica: Extent of Explored Potential menunjukkan bahwa ekstrak buah asam, dapat menghambat ancaman bakteri penyebab infeksi; seperti salmonella, bacillus subtilis, dan lain-lain.
Sifatnya sebagai pelawan bakteri, membuat para peneliti tertarik memanfaatkan asam jawa untuk melawan kasus resistensi antibiotik.

5. Membantu pemulihan setelah melahirkan

5 Manfaat Kunyit Asam, Jamu Segar Khas Indonesia (5)
Ilustrasi ibu melahirkan normal. Foto: Shutter Stock
Kedua bahan dalam jamu kunyit asam dapat membantu luka ruptur perineum setelah melahirkan. Kunyit dan asam jawa kerap dikonsumsi sebagai bahan alternatif penyembuhan luka, tetapi masih sedikit penelitian tentang efek dari campuran keduanya.
Penelitian yang diterbitkan dalam Belitung Nursing Journal pada tahun 2017 menemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan ketika minum kunyit asam terhadap lama penyembuhan luka perineum. Peneliti juga menyarankan tenaga kesehatan, khususnya bidan, untuk menerapkan penemuan ini guna mempercepat penyembuhan luka perineum pada ibu postpartum.
Editor : Parna
Sumber : kumparan