Tak sengaja temukan kepiting tapal kuda di sekitar rumahnya, wanita ini langsung meninggal dunia setelah memakan kepiting langka yang satu ini.

Berbeda dengan kepiting lainnya, kepiting tapal kuda atau Horseshoe crab merupakan spesies yang sudah ada di dunia sejak 450 juta tahun lalu. Di Indonesia dikenal sebagai belangkas atau orang Jawa menyebutnya sebagai mimi.

Bentuknya seperti batu atau tempurung yang berwarna hijau lumut kehitaman. Sejak dulu banyak orang yang memburu kepiting tapal kuda untuk diambil darahnya untuk keperluan medis.

Baru-baru ini kepiting tapal kuda juga tengah diburu untuk pengembangan vaksin virus Corona. Namun ternyata kepiting yang satu ini juga bisa menyebabkan keracunan parah hingga merenggut nyawa.

 

Dikabarkan dari The Thai Tiger (07/10), seorang wanita berusia 46 tahun harus kehilangan nyawanya setelah menyantap kepiting tapal kuda. Wanita yang tinggal di wilayah Muang, Phuket, Thailand ini awalnya tak sengaja menemukan kepiting tersebut.

Wanita bernama Wanthana Putcho melihat ada kepiting tapal kuda di wilayah hutan bakau yang tak jauh dari rumahnya. Ia akhirnya menangkap 3 kepiting tapal kuda, lalu dipanggang hingga makan dan memakannya sampai habis.

Waduh! Makan Kepiting Tapal Kuda, Wanita Ini Langsung Meninggal DuniaWaduh! Makan Kepiting Tapal Kuda, Wanita Ini Langsung Meninggal Dunia Foto: Getty Images/iStockphoto

Namun tak lama setelah memakan kepiting, ia langsung mual dan muntah-muntah. Sang ibu yang panik melihat putrinya muntah langsung menghubungi rumah sakit. Tapi sebelum pihak medsi datang Wanthana sudah jatuh pingsan, ia akhirnya meninggal dunia dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Setelah ditelusuri ternyata penyebab kematian Wanthana berkaitan dengan kepiting tapal kuda yang disantapnya. Para dokter di Vachira Phuket Hospital mengkonfirmasi bahwa penyebab kematian Wanthana disebabkan konsumsi daging kepiting beracun.

Memang kepiting tapal kuda ini umum dikonsumsi di Asia Tenggara terutama di Thailand. Namun kepiting tapal kuda yang tinggal di hutan bakau sangat berbahaya untuk dikonsumsi manusia.

Waduh! Makan Kepiting Tapal Kuda, Wanita Ini Langsung Meninggal DuniaWaduh! Makan Kepiting Tapal Kuda, Wanita Ini Langsung Meninggal Dunia Foto: Getty Images/iStockphoto

Di Jawa Tengah kepiting tapal kuda yang disebut mimi untuk yang betina dan mituna untuk yang jantan. Umumnya telur kepiting yang begerombol berwarna oranye direbus dan dibuat urap. Diaduk dengan kelapa parut berbumbu dan ditambah kemangi. Meski langka beberapa pasar tradisional masih menjajakan urap mimi ini.

Lewat peringatan yang diberikan Kementerian Kesehatan di Thailand, mereka menyebutkan bahwa mengkonsumsi kepiting tapal kuda dari hutan bakau sangat berbahaya. Karena kepiting-kepiting ini memakan plankton bakau yang sangat beracun bagi manusia.

Tak hanya Wanthana yang bernasib malang dan harus kehilangan nyawanya karena keracunan makanan. Sebelumnya seorang wanita dari Provinsi Samut Prakan, Thailand, meninggal dunia setelah memakan lumpia yang sudah tiga hari disimpan olehnya.

 

 

Editor : Parna

Sumber : detiknews