Sarapan merupakan salah satu dari rangkaian waktu makan harian yang dianggap terpenting. Pemilihan jenis makanan saat sarapan berpengaruh untuk membangun mood dan semangat kamu di pagi hari. Selain itu, kebiasaan sarapan sehat juga dapat menjaga tubuhmu tetap fit selama seharian.
Dilansir Eat This, kebiasaan sarapan sehat dapat membentuk pola makan yang baik. Di sisi lain, kebiasaan sarapan sehat bermanfaat dalam membentuk perut. Maggie Michalczyk, penerbit The Great Big Pumpkin Cookbook, mengatakan bahwa alasan seorang sering merasa lapar di malam hari kemungkinan karena kebiasaan sarapan yang buruk. Kebiasaan seperti ini yang juga membuat perutmu tampak buncit.
“Menurut saya, (mengubah) sarapan adalah hal yang baik untuk memulai jika kamu terus-menerus kelaparan di malam hari. Mungkin kamu tidak makan cukup saat sarapan. Sekarang saatnya menambahkan lebih banyak protein dan serat ke dalamnya!” katanya.
Lantas, bagaimana tips mengubah kebiasaan sarapan sehat yang juga membantu membuat perut rata itu? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Makan sarapan yang lengkap

Anti Buncit! 5 Kebiasaan Sarapan yang Membantu Perut Jadi Rata (1)
Sarapan di The Wild Herring, Port Stephens. Foto: Toshiko/kumparan
Karbohidrat, lemak, dan protein adalah tiga aspek gizi penting untuk menyusun sarapan yang lengkap dan baik. Beberapa karbohidrat baik dapat menjadi pilihanmu, seperti roti gandum, oatmeal, atau kacang-kacangan.
Salah satu menu sarapan sederhana yang dapat dicontoh, yaitu sepiring dua telur orak-arik dengan keju atau alpukat, dan sepotong roti gandum. Kombinasi menu sarapan seperti ini dinilai lengkap karena ada protein dari telur, lemak dalam keju dan alpukat, serta karbohidrat dari roti gandum.

2. Tambahkan satu jenis buah atau sayur

Anti Buncit! 5 Kebiasaan Sarapan yang Membantu Perut Jadi Rata (2)
buah potong Foto: Shutterstock
“Satu kebiasaan kecil yang saya rekomendasikan adalah mencoba memasukkan satu buah atau sayuran saat sarapan,” kata Maggie. Buah-buahan seperti beri, pisang, atau jeruk dapat memberi banyak asupan serat saat sarapan. Jika tidak, maka kamu dapat menambah sayuran ke menu telur orak-arik.

3. Ganti ke sumber serat

Anti Buncit! 5 Kebiasaan Sarapan yang Membantu Perut Jadi Rata (3)
Ilustrasi oatmeal Foto: dok.shutterstock
Secara ilmiah, serat dapat membantu menurunkan berat badan. Memasukkan bahan makan penuh serat ke menu sarapan pagi menjadi trik yang tepat. Lagipula serat dapat membuatmu kenyang lebih lama.
“Makanan dengan serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian bagus untuk pencernaan (dan membantu membuat kenyang lebih lama),” kata Maggie.
Sebagai pilihan, kamu dapat mempertimbangkan menu oatmeal, dengan campuran buah-buah dan kacang sebagai sajian sarapan kaya akan serat dan protein.

4. Simpan sarapan dessert untuk akhir pekan

Anti Buncit! 5 Kebiasaan Sarapan yang Membantu Perut Jadi Rata (4)
Ilustrasi pancake ala Belanda Foto: Dok.Shutterstock
Terkadang di pagi hari, kamu mungkin tiba-tiba ingin makan wafel, pancake, atau muffin dengan banyak topping manis. Maggie menyarankan untuk mengonsumsi sarapan manis tersebut di akhir pekan saja.
Kamu dapat menghabiskan waktu yang lebih banyak untuk membuat dan menghias makan pagi saat di akhir pekan. Waktu luang tersebut dapat kamu menjadi kegiatan yang menyenangkan.

5. Ubah pola sarapan secara bertahap

Anti Buncit! 5 Kebiasaan Sarapan yang Membantu Perut Jadi Rata (5)
Ilustrasi tamu hotel sarapan di kamar Foto: Shutter Stock
Mengubah kebiasaan sarapan menjadi lebih sehat tidaklah mudah. Bermula dari nol, Maggie merekomendasikan untuk mengubah menu perlahan-lahan. Dengan itu, rutinitas sarapanmu akan berubah pelan-pelan.
“Kamu tidak harus benar-benar merombak apa yang dimakan, mungkin kamu dapat mencoba sekali dalam seminggu untuk menukar granola manis dalam yoghurt dengan kacang-kacangan dan biji-bijian.”
Nah, bagaimana tips sarapan sehat di atas? Dengan mencoba mengubah pola sarapan tersebut dijamin kamu bisa bilang “bye-bye perut buncit!”
Editor : Parna
Sumber : kumparan