Selain pembalut, cangkir menstruasi (Menstrual Cup) jadi salah satu pilihan untuk dipakai saat masa haid. Namun, bagaimana pemakaiannya saat seorang perempuan sedang menggunakan KB spiral?

Cangkir menstruasi terbuat dari karet dan dipakai dengan cara dimasukkan ke dalam vagina. Ahli ginekologi RSPI Putri Deva Karimah mengatakan, cangkir menstruasi tetap bisa digunakan oleh perempuan yang sedang menggunakan KB spiral.

Menstrual cup¬†tidak akan mengganggu atau mengubah posisi spiral,” ujar Putri, melansir¬†Antara.

Spiral melepaskan tembaga ke dalam rahim yang dapat mempersulit sperma untuk mencapai sel telur dan bertahan hidup. KB jenis spiral diklaim 99 persen efektif mencegah kehamilan dan dapat digunakan selama 5-10 tahun.

Kendati demikian, jika Anda baru memasang KB spiral, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai niat Anda untuk menggunakan cangkir menstruasi.

Putri bahkan menyarankan agar penundaan cangkir menstruasi ditunda terlebih dahulu selama dua hingga tiga bulan. Hal itu dimaksudkan agar penggunaan cangkir menstruasi tak mengganggu proses adaptasi spiral pada rahim.

Cangkir menstruasi merupakan salah satu solusi menstruasi yang lebih sehat dan ramah lingkungan. Cangkir menstruasi bisa dipakai berulang kali dan tahan selama beberapa tahun. Daya tampung yang lebih besar membuat cangkir menstruasi bisa dipakai hingga berjam-jam.

Tidak seperti pembalut yang menyerap darah, cangkir menstruasi bekerja dengan menampung darah haid.

 

Editor : Aron

Sumber : cnnindonesia