Jakarta – Presiden Jokowi kembali menggelar rapat terbatas (ratas) dengan para menteri kabinetnya dan Komite COVID-19 soal penanganan wabah corona. Dalam rapat tersebut, Jokowi menekankan soal strategi pemerintah dalam menekan penyebaran kasus corona.
Jokowi menyinggung soal intervensi pemerintah berbasis lokal yang dinilai lebih efektif menekan penyebaran COVID-19 .
“Yang berkaitan dengan intervensi berbasis lokal, saya sampaikan bahwa ini agar disampaikan ke provinsi, kabupaten, kota untuk pembatasan secara mikro, baik di tingkat desa, RT, RW, kantor, itu lebih efektif,” kata Jokowi saat memimpin rapat secara virtual dari Istana Merdeka, Senin (28/9).
Jokowi menyebut, pembatasan berskala lokal di tingkat RT/RW secara berulang lebih efektif menekan penyebaran virus daripada membatasi satu provinsi. Menurut Jokowi, pembatasan berskala besar justru akan merugikan banyak orang.
“Mini Lockdown berulang akan lebih efektif. Jangan sampai kita generalisir satu kota, apalagi satu provinsi. Ini akan merugikan banyak orang,” kata Jokowi.
Dalam rapat tersebut, ia juga meminta seluruh jajaran menteri dan Komite COVID-19 untuk menekan angka kematian dan kasus corona. Selain itu, Jokowi juga mendorong agar angka kesembuhan terus ditingkatkan.
Editor : Aron
Sumber : kumparan