Montmelo – Alex Rins menjalani balapan luar biasa di seri MotoGP Catalunya. Pebalap Suzuki Ecstar itu start di urutan ke-13, lalu mengakhiri race dengan merebut podium 3.Rins berhasil finis ketiga di MotoGP Catalunya yang berlangsung di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, Minggu (27/9/2020) malam WIB. Dia hanya tertinggal dari Fabio Quartararo dan Joan Mir yang berada di depannya.

Perjuangan Rins demi mencapai podium ketiga di Montmelo pun terhitung impresif. Memulai balapan di posisi ke-13, rider Spanyol itu melejit selama 24 lap hingga mampu menebus barisan tiga terdepan.

Pencapaiannya kali ini pun menjadi podium pertama buat  Alex Rins selama gelaran MotoGP 2020. Tidak hanya itu, pebalap 24 tahun tersebut juga berhasil memutus puasa podiumnya sejak terakhir kali finis pertama di MotoGP Silverstone pada Agustus 2019.

Jika dihitung dari balapan di Sirkuit Silverstone hingga gelaran MotoGP Catalunya 2020, total Rins gagal menembus tiga besar selama 14 race beruntun. Dia bersyukur bisa mendaki podium lagi, meski hal itu diakuinya butuh perjuangan dan kerja keras.

“Ya, sejujurnya saya senang sekali bisa naik lagi ke podium setelah sekian lama. Ini terlihat dari wajah saya yang tampak lega, lantaran kami mengalami banyak masalah dalam beberapa race terakhir,” kata Rins, dilansir dari Speedweek.

“Cedera akibat crash dan masalah bahu di Jerez pada pertengahan Juli lalu membuat saya mundur jauh. Sulit bagi saya kembali ke puncak, terutama yang ada di pikiran saya,” sambungnya.

“Secara fisik saya sebenarnya 100 persen fit, tulang saya tidak sakit lagi, tetapi lidah saya menjulur selama empat atau lima lap dan saya terengah-engah ketika mencoba mendorong batas. Setelah 24 lap saya merasa lelah hari ini,”.

“Sulit buat memahami mengapa saya bisa kehabisan napas begitu cepat. Bisa jadi ini akibat dari cedera yang berkepanjangan tersebut,” demikian kata Alex Rins soal perjuangannya meraih podium di MotoGP Catalunya.

Editor : Aron
Sumber : detik