Wali Kota Batam telah isi oleh Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Kepri, Samsul Bahrum. Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Batam tersebut dikarenakan Wali Kota Batam dan Wakil Wali Kota akan cuti kala maju pada Pilkada bulan Desember 2020.
Samsul akan bertugas selama 71 hari menakhodai roda pemerintahan Kota Batam.
“Jadi pak (Kemendagri) secara resmi menunjuk Asisten II Ekonomi Pembangunan Pemprov Kepri, Samsul Bahrum sebagai Penjabat Sementara (Pjs) menjalani roda pemerintahan,” kata Jefridin dalam pesan tertulis, Minggu (27/9).
Jefridin mengatakan pihaknya akan siap berkoordinasi dan bekerjasama dengan Pjs Wali Kota Batam dalam menjalankan roda pemerintahan.
“Mewakili masyarakat Kota Batam kami juga mengucapkan selamat dan sukses kepada Bapak Samsul. Kami akan siap bekerjasama melayani masyarakat,” tambah dia.
Sebelumnya diberitakan, Pjs Gubernur Kepulauan Riau, Bahtiar Baharuddin, secara resmi menunjuk lima pejabat eselon II Pemprov Kepri menjadi Pjs Wali Kota dan Bupati se-Kepri di Gedung Daerah Tanjungpinang, Sabtu (26/9).
Kelimanya yakni, Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum ditunjuk sebagai Pjs Wali Kota Batam. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Buralimar ditunjuk sebagai Pjs Bupati Bintan.
Kemudian Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kepri, Heri Adrianto, ditunjuk sebagai Pjs Bupati Karimun. Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepri, M Juramadi Esram, ditunjuk sebagai Pjs Bupati Lingga dan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Eko Sumbaryadi, ditunjuk sebagai Pjs Bupati Kepulauan Anambas.
Penunjukan kelima Pjs Wali Kota dan Bupati itu dikarenakan kepala daerah petahana melangsungkan cuti kampanye Pilkada serentak 2020.
Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin, menyampaikan sesuai dengan namanya Pjs merupakan jabatan sementara, karena adanya Pilkada. Dimana ada dua tugas utama yang dilaksanakan selama 71 hari bertugas, terhitung 26 September sampai 5 Desember 2020.
“Pertama, memastikan pemerintahan di daerah berjalan, artinya pelayanan publik dan pembangunan terus berjalan,” ujarnya.
Editor : Parna