Mata bayi adalah salah satu organ terpenting yang harus selalu dirawat dan dijaga kesehatannya. Sebab, kesehatan mata berpengaruh besar terhadap penglihatan si kecil, Moms. Apalagi penglihatan merupakan satu dari banyak tonggak tumbuh kembang bayi yang harus Anda amati.
Lantas, seperti apa perkembangan penglihatan bayi yang normal? Nah untuk mengetahuinya, dilansir Parents, berikut adalah beberapa fakta tentang penglihatan bayi yang perlu orang tua ketahui.

Fakta Seputar Perkembangan Penglihatan Bayi

1. Jarak Visual Pertama Bayi Masih Pendek

Pada minggu pertama sejak kelahirannya, bayi hanya bisa melihat objek sekitar 8-12 inci saja atau 20-30 cm di depan wajahnya. Bila diperkirakan, hanya sebatas wajahnya ke wajah Anda saat sedang menyusui. Selain itu, si kecil hanya menahan pandangan tersebut beberapa detik saja.

2. Bayi Hanya Melihat Warna Hitam dan Putih

Tepat setelah bayi lahir ke dunia, ia belum bisa melihat warna lho, Moms. Bayi Anda hanya bisa melihat warna hitam dan putih dengan nuansa abu-abu. Namun jangan khawatir, seiring berjalannya waktu, perkembangan penglihatan bayi akan berkembang dan ia sudah bisa melihat warna saat berusia 4 bulan.

3. Saat Bayi Mengenali Wajah Orang Tuanya

Pada usia 2 minggu, kemungkinan anak Anda sudah bisa mengenali wajah orang tua atau orang yang mengasuhnya. Ia akan fokus pada wajah Anda selama beberapa detik saat Anda tersenyum dan bermain dengannya. Tapi ingatlah, jaga jarak sekitar 20-30 cm agar si kecil bisa melihat Anda ya, Moms.

4. Hanya Menatap 10 Detik

Jadikan 10 detik setiap dia menatap Anda adalah waktu yang berharga. Sebab, hanya dalam jangka waktu inilah dia menatap wajah Anda dan mencoba mengenali seperti apa wajah orang tua atau pengasuhnya.

5. Gerakan Bola Mata Bayi

Bayi sebenarnya belum bisa memutar bola matanya hingga ia berusia 2-4 bulan, Moms. Sehingga kerap kali mungkin Anda melihatnya memutar kepalanya ke kanan dan ke kiri untuk melihat sekelilingnya.

6. Suka Melihat Kontras Warna Kulit dan Rambut

Sepanjang perkembangan penglihatan bayi, terutama di bulan ke 3 dan 4, stimulasi visual terbaik adalah melihat wajah pengasuh atau orang tuanya. Ada bukti ilmiah bahwa bayi memiliki preferensi genetik untuk melihat wajah manusia. Bagian yang paling membuatnya senang adalah ketika si kecil melihat kontras antara warna kulit dan rambut Anda, Moms.
7 Fakta Menarik Seputar Perkembangan Penglihatan Bayi (2)
Mata bayi Foto: Shutterstock

7. Tanda Penglihatan Bayi Tak Berkembang

Menurut American Academy of Ophthalmology, jika mata anak Anda terbuka, artinya mata mereka berkembang dengan baik. Tapi Anda harus menyadari bahwa ada beberapa hal yang bisa jadi tanda penglihatannya tak berkembang. Seperti mata menyilang, mata gemetar, selalu memiringkan kepala ketika melihat sesuatu, melotot, terus menggaruk mata, mata kemerahan, kelopak mata terkulai, sensitif terhadap cahaya, dan ada tanda putih atau kekuningan di pupil mata. Ya Moms, waspadai gejala tersebut dan segera pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.
Editor : Parna
Sumber : kumparan