JakartaSebuah kemewahan adalah ketika Anda bisa memulai tidur lebih awal dan bangun lebih awal pula, untuk memulai hari yang produktif. Kebanyakan ahli memberi rekomendasi lama waktu tidur untuk orang dewasa minimal 7 jam setiap malam.Tidur saat hari gelap dikutip dari laman kesehatan Health Line, dapat memastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup sekaligus membuat Anda lebih mudah tertidur. Penting pula untuk mendapatkan jumlah atau lama tidur yang tepat secara teratur untuk mencegah risiko masalah kesehatan.

Waktu istirahat yang ideal membantu Anda menjalani hari ke depan dengan baik dan fit. National Sleep Foundation membagi menjadi 9 kelompok usia dengan masing-masing rata-rata kebutuhan lama waktu tidur.

Berikut rekomendasi lama waktu tidur yang dibutuhkan berdasarkan usia.

Bayi yang baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam per hari

Bayi (4-11 bulan): 12 – 15 jam per hari

Balita (1-2 tahun): 11-14 jam per hari

Anak pra-sekolah (3-5 tahun): 10-13 jam per hari

Anak usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam per hari

Infografis Gerakan Yoga 5 Menit Agar Tidur NyenyakFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Infografis Gerakan Yoga 5 Menit Agar Tidur Nyenyak

Remaja (14-17): 8-10 jam per hari

Orang dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam per hari

Dewasa (26-64): 7-9 jam per hari

Orang dewasa yang lebih tua (di atas 65 tahun): 7-8 jam per hari

Rekomendasi lama waktu tidur dari National Sleep Foundation ini berfungsi sebagai pedoman umum untuk mengetahui berapa banyak tidur yang dibutuhkan anak-anak dan orang dewasa. Sedangkan jumlah tidur ideal untuk tiap-tiap orang bisa bervariasi.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia