Jakarta – Untuk Sobat Pesona yang hobi berolahraga, pasti pertandingan sepak bola, bulu tangkis dan beberapa cabang olahraga terkenal lainnya sudah akrab di telinga, kan? Ternyata, Indonesia juga punya deretan olahraga tradisional yang tidak kalah serunya dengan cabang olahraga yang telah disebutkan di atas. Uniknya, olahraga tradisional ini berasal dari tradisi dan budaya yang diwariskan secara turun temurun dari daerah-daerah  yang ada #DiIndonesiaAja. Bahkan, beberapa di antaranya sudah resmi dijadikan olahraga nasional dan juga Internasional, lho!  Nah, penasaran kan apa saja sih deretan olahraga yang berasal dari negeri kita tercinta ini? Berikut adalah informasi selengkapnya!
image 360  Experience Indonesia in 360

 

1 | Pencak Silat

Pencak silat merupakan jenis olahraga bela diri khas Indonesia yang sudah dikenal sejak zaman kerajaan pada abad ke-7 Masehi. Tak hanya dikenal di Indonesia, saat ini pencak silat juga sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di tingkat Internasional, lho. Bahkan, pencak silat telah ditetapkan sebagai warisan budaya non-benda oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada 12 Desember 2019 silam.

Olahraga Tradisional

Meskipun gerakan-gerakan pencak silat disebut-sebut mengandung unsur-unsur bela diri dari Tiongkok dan India, namun pencak silat ini merupakan bela diri asli dari Indonesia. Hal tersebut dapat dibuktikan dari pahatan relief-relief yang menggambarkan sikap kuda-kuda pencak silat yang dapat ditemukan di Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Nah, bagi Sobat Pesona yang tertarik untuk mengetahui dan mempelajari seni bela diri asal Indonesia yang satu ini, Sobat Pesona bisa mengunjungi sanggar pencak silat yang bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

 

2 | Jemparingan

Di Yogyakarta, terdapat satu jenis olahraga tradisional yang sudah dilestarikan secara turun temurun sejak abad ke-17, lho. Nama olahraganya adalah Jemparingan. Olahraga ini sudah ada sejak pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I. Dalam Bahasa Jawa, jemparingan dapat diartikan sebagai panahan. Nah, berbeda dengan olahraga panahan pada umumnya yang dilakukan sambil berdiri, jemparingan dilakukan dalam posisi duduk bersila. Pemanah juga tidak membidik di depan mata, melainkan dengan memposisikan busur di depan perut sehingga bidikan didasarkan pada perasaan memanah. Siapa yang paling banyak berhasil melepaskan anak panah tepat sasaran, dialah pemenangnya.

Olahraga TradisionalJemparingan tak hanya dipandang sebagai olahraga lho, namun juga kaya akan nilai tradisi dan filosofis. Ya, olahraga ini dianggap memiliki nilai-nilai ksatria. Empat nilai ksatria tersebut adalah sawiji yang artinya konsentrasi, greget yang berarti semangat, sengguh berarti percaya diri, dan ora mingkuh yang artinya memiliki rasa tanggung jawab. Nilai-nilai inilah yang harus dibawa dalam kehidupan nyata. Wah, filosofis sekali ya ternyata!

 

3 | Lompat Batu

Olahraga TradisionalBisa dibilang, lompat batu adalah salah satu olahraga yang ekstrim. Lompat batu merupakan olahraga tradisional yang berasal dari Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Masyarakat Nias menyebut olahraga ini dengan sebutan zawo-zawo. Konon katanya, zaman dahulu kala ketika Suku Nias masih sering berperang, batu-batu yang ditumpuk setinggi 2 meter ini biasanya dijadikan benteng pertahanan dan melatih para prajuritnya untuk melompati batu-batu yang tinggi sebelum terjun ke medan perang. Hingga kini, zawo-zawo masih dilestarikan oleh penduduk setempat. Bahkan, zawo-zawo sering dipertunjukkan pada ritual tertentu bagi seorang pemuda yang akan menikah.

 

4 | Pacu Jalur

Kalau Sobat Pesona sedang liburan #DiIndonesiaAja, terutama di Riau, sangat direkomendasikan nih menyaksikan salah satu olahraga tradisional yang terkenal asal Riau, bernama pacu jalur. Olahraga dayung tradisional ini semula hanya diselenggarakan di kampung-kampung sepanjang Sungai Kuantan untuk memperingati hari besar Islam, seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Idul Fitri atau Tahun Baru Muharam. Namun saat ini, pacu jalur turut masuk ke dalam event tahunan nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 23-26 Agustus. Selain itu, pacu jalur juga menjadi salah satu cabang olahraga yang rutin dipertandingkan di perhelatan SEA Games.

Olahraga TradisionalUmumnya, perahu yang digunakan dalam pacu jalur memiliki panjang 25 sampai 40 meter dengan lebar 1.3 sampai 1.5 meter.  Setiap perahu bisa memuat 40 sampai dengan 60 orang. Menariknya lagi, perahu yang digunakan untuk pacu jalur ini dihias dengan dekorasi unik dan berwarna-warni. Kalau Sobat Pesona sedang mengunjungi Riau pada hari-hari besar di atas, jangan sampai melewatkan atraksi seru yang satu ini, ya!

 

5 | Pathol

Jika Sobat Pesona sedang  jalan-jalan #DiIndonesiaAja, mampirlah ke Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Di sini, Sobat Pesona bisa menemukan olahraga gulat tradisional dari Indonesia. Ya, gulat tradisional ini namanya adalah pathol. Olahraga ini biasa dimainkan oleh dua laki-laki dengan tubuh sepadan. Aturan mainnya sangat sederhana, siapa yang bisa mengunci lawan lebih lama, maka dia dinyatakan sebagai pemenangnya.

Tahukah Sobat Pesona, kalau olahraga ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit? Tradisi ini dilakukan guna mencari kesatria untuk menjaga pelabuhan dari perompak. Nah, saat ini, gulat pathol rutin digelar di pesisir pantai menjelang purnama atau pada hari-hari khusus seperti upacara sedekah laut.

 

6 | Egrang

Olahraga Tradisional

Pernahkah Sobat Pesona melihat orang naik ke atas bambu panjang kemudian berjalan dengan berpijak pada bambu yang sama? Atraksi tersebut bernama egrang. Konon, sejarahnya egrang digunakan untuk menghindari banjir. Tapi, sekarang atraksi ini justru diperlombakan dan didapuk menjadi olahraga nasional.  Olahraga ini bisa kamu jumpai di  daerah-daerah pedesaan di Jawa. Jika Sobat Pesona punya kesempatan liburan #DiIndonesiaAja, sempatkan mampir ke beberapa desa di pulau Jawa untuk mencoba sensasi bermain egrang, ya!

Nah, ternyata olahraga tradisional yang ada #DiIndonesiaAja keren dan seru, ya. Dengan ikut menonton atau berpartisipasi dalam atraksi olahraga tradisional yang hanya bisa ditemui #DiIndonesiaAja ini, berarti Sobat Pesona sudah ikut ambil bagian dalam melestarikan budaya Indonesia.

Editor : Aron
Sumber : wounderfulIndonesia