Tiga mantan anak buah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menduduki jabatan strategis. Mereka sebelumnya bekerja di bawah komando Luhut di kementerian ataupun saat Luhut menjabat sebagai Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP).
Jabatan yang diduduki ketiga anak buah Luhut ini terbilang strategis karena memegang peranan penting dalam dunia perbankan, pertambangan, hingga kelistrikan. Siapa saja mereka? Berikut kumparan rangkum, Kamis (24/9).

Purbaya Yudhi Sadewa Jadi Ketua LPS

Pertama, ada Purbaya Yudhi Sadewa yang baru saja dilantik menjadi Ketua Lembaga Penjamin Simpanan (KPS) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/9). Purbaya menggantikan Halim Alamsyah yang pensiun.
Sebelum menduduki jabatan barunya ini, Purbaya merupakan anak buah Luhut di Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi di bawah kementerian yang dipimpin Luhut. Saat Luhut menjadi Kepala KSP pada 2014, Purbaya juga menjadi Deputi Bidang Pengelolaan Isu Strategis di KSP.
Ridwan Djamaluddin Jadi Dirjen Minerba
Anak buah Luhut yang kedua adalah Ridwan Djamaluddin. Per 10 Agustus 2020, dia resmi menjabat sebagai Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Dirjen Minerba) Kementerian ESDM.
Ketua Ikatan Alumni ITB ini menggantikan Bambang Gatot Ariyono yang pensiun. Sebelum menduduki jabatan ini, Ridwan merupakan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Kemaritiman dan Investasi, yang dipimpin Luhut.
Saat masih bekerja di bawah Luhut, nama Ridwan sudah banyak diisukan menjadi calon ketua di berbagai jabatan strategis. Salah satunya disebut-sebut akan menjadi Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).
3 Eks Anak Buah Luhut: Ketua LPS, Dirjen Minerba, Wadirut PLN (1)
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan melakukan sidak penerapan larangan mudik, Jumat (24/4). Foto: Dok: Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.
Darmawan Prasodjo Jadi Wadirut PLN
Pada perombakan Direksi PT PLN (Persero) akhir Desember 2019, Kementerian BUMN mengangkat Darmawan Prasodjo menjadi Wakil Direktur Utama PLN. Jabatan Wadirut dimunculkan lagi setelah sebelumnya ditiadakan.
Sama seperti Purbaya, Darmawan merupakan anak buah Luhut saat di KSP. Kala itu dia menjadi Deputi I pada lembaga yang dibentuk Jokowi 2014.
Sebelum menjabat menjadi Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Darmawan Prasodjo sangat dikenal sebagai seorang ekonom energi dan lingkungan. Sejak tahun 2013, Darmawan Prasodjo juga menjadi anggota aktif Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

 

Editor : Aron

Sumber : kumparan