Jakarta– WhatsApp kini sudah bisa melakukan video call dengan 50 orang sekaligus. Caranya dengan menggunakan WhatsApp Web dan Messenger Rooms.

Messenger Rooms merupakan layanan dari Facebook yang memungkinkan pengguna melakukan video call hingga 50 orang secara gratis tanpa batas waktu.

Rooms dapat dibuat langsung dari Messenger atau Facebook dan memberikan Anda kemampuan membagikan tautan untuk mengundang siapa saja untuk bergabung, bahkan jika mereka tidak memiliki akun Facebook.

WhatsAppFoto: WhatsApp Web video Call 50 orang melalui Messenger Rooms (doc. WABetaInfo)

Berikut cara gampang video call hingga 50 orang di WhatsApp Web dengan memanfaatkan Messenger Rooms:

  1. Kalian harus memastikan WhatsApp Web sudah menggunakan versi terbaru.
  2. Pilih teman atau grup yang akan diajak video call. Buka chat tersebut.
  3. Klik ikon klip yang berada di kanan atas WhatsApp Web.
  4. Pilih gambar kamera atau Room yang berada diurutan terbawah klik dan kamu akan dialihkan ke Messenger. Tetapi kamu harus login ke akun Facebook.
  5. Selanjutnya akan ada llink khusus untuk disalin agar bisa menggundang pengguna lain yang bila diklik akan langsung bergabung dengan messenger video.

Sebelumnya, Juru bicara WhatsApp mengatakan video call ini berbeda dengan Zoom atau Google Meet yang menjadwalkan rapat pada waktu tertentu. Messenger Rooms mirip seperti kamar di mana teman-teman bisa mampir dan bercakap-cakap bila ada waktu. Mirip seperti lounge ketimbang ruang rapat, seperti dikutip dari TechRadar, Senin (24/8).

Manager Messenger Rooms Tiffany Dohzen mengatakan pihaknya memastikan percakapan Messenger Rooms akan sangat aman digunakan. Kreator Rooms bisa mengunci ruang percakapan, mengeluarkan pengguna yang salah dari Rooms, dan jika orang tersebut sudah diblokir di Facebook tidak akan bisa bergabung dengan Rooms.

“Kami juga telah menambahkan banyak fitur kolaboratif, efek keren pada aplikasi seluler, dan yang baru seperti pencahayaan dan latar belakang. Latar belakangnya sangat keren. Beberapa dianimasikan, Anda dapat memindahkannya,” ujarnya.

Editor : Aron
Sumber : cnbcindonesia