Nyeri pada pergelangan tangan biasanya disebabkan oleh keseleo atau patah tulang. Namun penyebab lain pergelangan tangan yang terasa sakit itu juga bisa diakibatkan masalah jangka panjang seperti stres berulang, artritis dan sindrom lorong karpal.

Karena begitu banyak faktor yang dapat menyebabkan nyeri pada pergelangan tangan, diagnosis penyebabnya akan jadi lebih sulit. Kendati begitu, diagnosis yang tepat dan akurat sangat penting untuk perawatan serta proses penyembuhan.

Melansir Mayo Clinic, gejala nyeri pada pergelangan tangan bisa berbeda-beda tergantung penyebabnya. Misalnya, nyeri osteoartritis sering digambarkan mirip dengan sakit gigi kusam.

Sedangkan gejala nyeri pergelangan tangan pada sindrom lorong karpal (carpal tunnel syndrome) biasanya menyebabkan sensasi kesemutan hingga kesemutan, terutama pada malam hari.

Lokasi tepat pergelangan tangan yang sakit juga dapat menjadi petunjuk soal apa penyebabnya. Kerusakan pada salah satu bagian pergelangan tangan dapat menyebabkan nyeri dan mempengaruhi kemampuan Anda menggunakan pergelangan tangan serta tangan.

Berikut beberapa penyebab pergelangan tangan sakit.

Cedera

Dampak yang tiba-tiba

Cedera pergelangan tangan sering terjadi saat Anda jatuh dan tangan Anda tebentur atau terkilir. Insiden ini menyebabkan keseleo, tegang dan bahkan patah tulang.

Fraktur skafoid melibatkan tulang pada sisi ibu jari pergelangan tangan. Jenis fraktur ini mungkin tak segera muncul ketika dilakukan x-ray sesaat setelah cedera.

Stres berulang

Setiap aktivitas yang melibatkan gerakan pergelangan tangan berulang–mulai dari memukul bola tenis, membungkuk saat bermain cello, hingga mengemudi outdoor–dapat mengorbankan jaringan di sekitar persendian dan menyebabkan fraktur stes. Terutama ketika Anda melakukannya berjam-jam tanpa istirahat.

Penyakit De Quervain adalah cedera stres berulang yang menyebabkan nyeri pada pangkal ibu jari.

Radang Sendi

Osteoartritis

Jenis arthritis ini terjadi ketika tulang rawan yang menjadi bantalan ujung tulang Anda memburuk seiirng waktu. Osteoartritis pada pergelangan tangan jarang terjadi dan biasanya hanya terjadi pada orang yang pernah mengalami cedera pergelangan tangan sebelumnya.

Artritis reumatoid

Gangguan ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri. Artritis reumatoid biasanya terjadi pada pergelangan tangan.

Jika salah satu pergelangan tangan Anda terkena ini, biasanya juga akan berpengaruh ke yang lainnya.

Penyakit dan Kondisi Lain

Sindrom lorong karpal

Dikutip dari Medical News Today, carpal tunnel syndrome atau sindrom lorong kapal adalah kondisi yang berkembang ketika ligamen menebal dan memberi tekanan pada saraf. Saraf yang terjepit bisa mengakibatkan nyeri, mati rasa dan kelemahan pada tangan.

Orang yang mengalami obesitas, penderita diabetes atau radang sendi berisiko lebih tinggi terkena sindrom lorong karpal. Kondisi ini juga berkaitan dengan pekerjaan berulang seperti mengangkat, mengetik atau menggunakan peralatan yang menimbulkan getar.

Kista ganglion

Kista jaringan lunak ini paling sering terjadi di bagian pergelangan tangan di seberang telapak tangan. Kista ganglion mungkin terasa nyeri, dan nyeri dapat memburuk atau membaik bergantung aktivitas Anda.

Penyakit kienbock

Gangguan ini biasanya menyerang orang dewasa muda dan melibatkan runtuhnya salah satu tulang kecil di pergelangan tangan dan terjadi secara progresif. Penyakit Kienbock terjadi ketika suplai darah ke tulang ini terganggu.

Memang tidak semua nyeri pergelangan tangan membutuhkan perawatan medis. Tangan terkilir atau otot yang tegang biasanya bisa direspons dengan mengkompres es, istirahat dan minum obat nyeri yang dijual bebas.

Yang perlu diingat, jika pergelangan tangan sakit diikuti dengan bengkak yang berlangsung lebih lama dari biasanya dan memburuk dari hari ke hari maka segera temui dokter. Diagnosis dan pengobatan yang tertunda dapat mempersulit penyembuhan, keterbatasan ruang gerak hingga kecacatan jangka panjang.

 

 

Editor : Parna

Sumber : cnnindonesia