Jakarta – Daun Kari biasanya dipakai sebagai bumbu masakan. Namun pada kenyataannya, daun kari punya khasiat lain untuk mengatasi uban.Biasanya, solusi tercepat adalah dengan mengecat untuk menutupi uban. Namun ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi uban, yaitu masker daun kari.

Mengutip Indian Express, daun kari dapat memberi akar Anda dorongan nutrisi yang sangat dibutuhkan, sehingga uban dapat berhenti, dan rambut baru yang tumbuh, memiliki tekstur yang lebih sehat.

Untuk membuat masker daun kari ini, Anda hanya membutuhkan minyak kelapa dan daun kari.

Bahan masker daun kari untuk cegah uban:

2 sdm minyak kelapa
10-12 lembar daun kari

Cara membuat:

1. Panaskan minyak kelapa. Matikan apinya.
2. Masukkan daun kari ke dalam minyak, biarkan esensnya menyerap ke dalam minyak dan dinginkan 20 menit.
3. Saat hangat pijat minyak ini ke helai rambut dan kulit kepala. Pijat-pijat.
4. Anda bisa membiarkannya semalaman, atau mencuci rambut setelah dua jam, menggunakan sampo ringan biasa.
5. Sebelum membilas rambut, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak Vitamin E agar rambut terasa lembut secara alami.

Penyebab rambut beruban

Rambut berubah menjadi abu-abu ketika tubuh berhenti memproduksi pigmen yang disebut melanin yang bertanggung jawab atas warna gelap rambut.

Dalam kebanyakan kasus, ini terjadi karena kurangnya nutrisi dan pola makan yang seimbang. Cara terbaik untuk mengatasi masalah kulit dan rambut seperti rambut kusam dan rusak, uban prematur dan ketombe dengan pengobatan rumahan, untuk meminimalkan efek samping.

Meski umum terjadi pada lansia, namun menurunnya fungsi folikel rambut itu bisa pula terjadi pada usia muda. Tak sedikit remaja atau dewasa awal yang sudah menemukan helaian rambut putih di kepalanya.

Anda bisa mencoba masker daun kari untuk mencegah uban yang mulai muncul di kepala.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia